Search

Klaster Sekolah di Sintang 30 Orang, Siswa diisolasi RS Ade M DJoen Sintang

Pemeriksaan swab di Politeknik kesehatan Kemenkes oleh Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Barat, Senin ( 14/9/2020) (foto.das)

Pontianak, reportasenews.com – Pemeriksaan swab di Politeknik kesehatan Kemenkes oleh Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Barat, digelar Senin ( 14/9/2020) pukul 09.00 WIB. Dinas Kesehatan provinsi Kalbar terus memperbanyak testing dan tracing terutama terhadap sekolah yang sudah mengelar pembelajaran tatap muka. 

Sementara untuk kasus hari per tanggal 14 September 2020, Kalimantan Barat mendapat tambahan kasus  Covid 19 sebanyak 26 orang  yang terkonfirmasi positif dan 6 orang dinyatakan  sembuh.

“Ssbanyak 26 orang tambahan kasus konfirmasi Covid-19 adalah 25 orang di Kabupaten Sintang dan 1 orang di Kota Pontianak.” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson.

Di jelaskan bahwa 25 orang di Kabupaten Sintang hasil pemeriksaan mobil PCR Kabupaten Sintang adalah klaster dari Sekolah Seminari di Kabupaten Sintang yang mana, terdapat 25 orang ini adalah siswa dari sekolah tersebut ini terkonfirmasi positif berdasarkan hasil kontak tracing dari pasien Covid-19 sebelumnya berjumlah 5 orang.

“Jadi klaster ini sudah 30 orang kasus konfirmasi Covid-19. Yang semuanya adalah siswa, diisolasi RS Ade M DJoen Sintang,” ucapnya.

Harisson menegaskan, karena terdapat kasus Covid 19, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meminta sekolah ini melakukan  lockdown di Asrama Sekolah Seminari Sintang ini.

“Tidak boleh ada yang  keluar dan tidak boleh menerima tamu selama 14 hari. Kemudian guru, siswa dan tukang masak juga di swab semuanya 98 orang. Karena sebelum pembelajaran tatap muka mereka terlebih dahulu diswab, namun hasilnya negatif. Mungkin saja ada orang atau tamu berkunjung ke asrama sehingga mereka kontak dan tertular dari tamu tersebut,” ujarnya.

Kemudian ada tambahan sembuh 6 orang yaitu 2 orang di Singkawang ini adalah Walikota Singkawang dan suaminya, 4 orang di Kapuas Hulu merupakan klaster keluarga yang terkonfirmasi dari orang asal Jember.

Kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar total 780 orang, 655 sembuh dan 6 orang meninggal dunia. Kemudian yang aktif 119 orang. (das)




Loading Facebook Comments ...