Search

 Komnas HAM Papua Kecam Kekerasan dan Pelecehan Terhadap 18 Guru oleh KKB

Pelaksana tugas Kepala Sekretariat Komnas HAM Papua Frits Ramandey. ( foto : riy)
Pelaksana tugas Kepala Sekretariat Komnas HAM Papua Frits Ramandey. ( foto : riy)

Jayapura, reportasenews.com – Komisi hak Asasi Manusia mengecam aksi kekerasan pelecehan seksual oleh Kelompok Kriminal Bersenjata terhadap  18 guru di Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura pada 13 April 2018. Akibat kejadian ini sebanyak 18 guru yang telah dievakuasi mengalami trauma yang mendalam baik secara psikis maupun psikologis.

 

Pelaksana tugas Kepala Sekretariat Komnas HAM Papua Frits Ramandey saat  ditemui reportasenews mengatakan perbuatan para pelaku telah melanggar konvensi internasional di Jenewa,  Swiss tahun 1949. “Dalam regulasi ini menyatakan bahwa tenaga kemanusiaan di daerah konflik tak boleh mendapat tindakan kekerasan dari pihak-pihak yang bertikai.  Tenaga kemanusiaan meliputi guru,  misionaris dan tenaga medis, ” Ungkap Frits.

 

Ia menuturkan,  Komnas HAM di Papua menyayangkan terjadinya insiden yang menimpa 18 guru tersebut. Pihaknya juga meminta para pelaku segera ditindak tegas. “Kami menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah membantu proses evakuasi para guru ke Timika.  Mudah-mudahan para pelaku segera ditangkap, ” Tutur nya.   

 

Kejadian pelecehan seksual dan penyanderaan dilakukan kelompok kriminal bersenjata terhadap 18 guru yang mengajar di kampung aroanp, distrik tembagapura.  18 guru ini akhirnya berhasil di evakuasi Menggunakan helikopter dari Kampung Aroanop ke Timika pada Kamis kemarin.

 

Sementara itu Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol A. M Kamal mengatakan,  perbuatan para pelaku menyebabkan kegiatan pendidikan di Aroanop lumpuh total dimana proses belajar mengajar masih tak berjalan sebagai mana mestinya.  “Para guru masih mengalami trauma dan untuk sementara belum dapat mengajar.  Hal ini sangat merugikan anak-anak Aroanop yang sangat membutuhkan pendidikan, ” Tutur Kamal. ( riy)




Loading Facebook Comments ...