Selasa, 17 Januari 2017

Konjen RI Kunjungi Madinah, Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral RI-Arab Saudi

Konjen RI Kunjungi Madinah, Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral RI-Arab Saudi
Konjen RI Jeddah M. Hery Saripudin melakukan Kunjungan Kehormatan (courtesy call) kepada Dirjen Kementerian Luar Negeri Arab Saudi untuk Provinsi Madinah Al Munawwarah, Muhammad Amin Ali Ghaban.

Madinah,  reportasenews.com— Konjen RI Jeddah M. Hery Saripudin melakukan Kunjungan Kehormatan (courtesy call) kepada Dirjen Kementerian Luar Negeri Arab Saudi untuk Provinsi Madinah Al Munawwarah,  Muhammad Amin Ali Ghaban, pada hari Senin (19/12).

Selain untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Perwakilan RI yang baru di Jeddah, Konjen Hery memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membahas sejumlah isu yang menyangkut kepentingan bersama di berbagai bidang, antara lain perlindungan WNI, kerja sama bidang ekonomi, pendidikan dan peningkatan pelayanan kepada para jamaah haji dan umrah asal Indonesia yang berziarah ke kota suci Madinah, terutama  pasca dibukanya penerbangan langsung dari Indonesia ke Madinah dan sebaliknya.

“Dalam pertemuan itu kami menyampaikan keinginan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama utamanya dalam bidang investasi. Sementara Dirjen Muhammad Amin Ali   menyampaikan  rencana pengembangan kawasan pariwisata di Kota Madinah yang pada tahun 2017 akan didaulat menjadi Ibu Kota  Pariwisata Islam dunia,” terang Konjen Hery usai pertemuannya dengan Dirjen Kemlu Madinah.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan seputar pengalaman pengelolaan kota wisata dan pemenuhan tenaga-tenaga  profesional di bidang pelayanan jasa  pariwisata.

Ditetapkannya Madinah sebagai Ibu Kota Pariwisata Islam dunia, jelas  Konjen RI Jeddah, tentu akan membuka lapangan kerja baru di sektor pariwisata.

“Peluang ini harus segera kita tangkap dengan menempatkan tenaga-tenaga kerja profesional kita di bidang ini, dan sektor lainnya yang berkaitan dengan pariwisata,” ujar Konjen.

Sementara itu, kepada Dirjen Kemlu Madinah Konjen RI juga menyampaikan bahwa Indonesia  baru-baru ini berhasil meraih 12 penghargaan bidang pariwisata halal dunia.

Seperti yang ramai diberitakan oleh media Tanah Air, Indonesia memenangkan 12 kategori, dari 16 yang dipertarungkan dalam World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi, UEA, 24 Oktober-25 November 2016.

Menanggapi keinginan Pemerintah RI untuk meningkatkan kerja sama di bidang investasi, Dirjen Kemlu Madinah menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi keinginan KJRI Jeddah bertemu dengan berbagai pihak terkait, antara lain Badan Pariwisata Saudi, KADIN dan Badan Investasi Saudi.

Di akhir pertemuan, Konjen RI Dan Dirjen Kemlu saling bertukar cindera mata sebagai simbol penguatan kerja sama di berbagai bidang. (hms/ win)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...