Search

Koordinator RSDC Wisma Atlet Berharap Tingkat Hunian Pasien Terus Turun

Koordinator RSDC Wisma Atlet, Mayjen TNI Tugas Ratmono.

Jakarta, Reportasenews – Angka hunian pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sempat naik mencapai 80 persen saat banjir melanda Jakarta pada minggu ketiga Februari 2021. Namun awal Maret 2021 kembali turun di angka 75 persen.

Pergerakan pasien di RSDC Wisma Atlet Kemayoran masih fluktuatif. Sebelum banjir, angka hunian sempat turun ke angka 57,79 persen tanggal 13 Januari 2021. Pada saat itu pasien yang dirawat berjumlah 3.458 orang.

“Nanti perlu dikaji hubungan banjir dengan tingkat hunian di RSDC yang naik. Tetapi kita berharap ke depan akan turun terus,” kata Mayjen TNI Tugas Ratmono, Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

Peristiwa banjir di Jakarta sendiri, tidak berlangsung lama seiring curah hujan yang menurun. Situasi tersebut diharapkan membuat penanganan kembali kondusif agar pandemi Covid-19 lekas berlalu.

Mayjen Tugas yang juga menjadi salah satu pimpinan Satgas Vaksinasi Covid-19 menyatakan berbagai langkah penanganan Covid-19 terus ditingkatkan. Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan bersamaan sejumlah program penerapan protokol kesehatan.

Sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan sejauh ini telah divaksinasi. Sedangkan jumlah penduduk yang telah disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 5 juta orang.

“Kalau dihitung-hitung, vaksinasi baru 2,5 persen jika sasarannya 200 juta penduduk. Makanya protokol kesehatan harus terus dijalankan dengan disiplin. Perlu kesadaran semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan agar Covid-19 segera teratasi,” papar Mayjen Tugas yang juga Kepala Pusat Kesehatan TNI.

Sejumlah program disiplin protokol kesehatan terus digalakkan. Pemerintah memutuskan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Jawa-Bali dari 23 Februari 2021 hingga 8 Maret 2021. Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan dijalankan. Para tracer Covid-19 dari tiga pilar yaitu TNI, Polri, dan Pemda bersinergi hingga tingkat RT dan RW.

“Tujuan semua ini adalah secara bersama-sama mencegah penularan Covid-19. Kita berharap jangan ada lagi yang tertular dan menulari,” pungkas Mayjen Tugas Ratmono.(MM)




Loading Facebook Comments ...