Search

Kotak Hitam di Kawasan PLTA Blitar Jawa Timur Diledakkan Tim Jibom

Petugas jibom menuju lokasi kotak mencurigakan (Foto: YN)

BLITAR, REPORTASE – Tim Jibom Gegana Polda Jawa Timur, tidak mau mengambil resiko terhadap lingkungan sekitar, di kawasan PLTA Wlingi Raya, atas keberadaan kotak hitam mencurigakan.

Petugas melakukan langkah “penceraiberaian” atau disposal, terhadap kotak hitam ini. Petugas, langsung mengamankan sisa atau puing bekas ledakan untuk diperiksa di Mapolres Blitar.

Pengamatan reportasenews.com dilapangan, petugas jibom dengan pakaian khusus, hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk memastikan isi kotak mencurigakan ini.

Langkah pertama dilakukan dengan menggunakan alat exray untuk mendeteksi isi kotak, namun gagal karena belum terdeteksi. Petugas kemudian melakukan langkah yang sama, namun hasilnya tetap belum nampak.

Tim jibom akhirnya memutuskan untuk melakukan disposal, atau penceraiberaian terhadap kotak berukuran sekitar 30 cm persegi ini.

Penceraiberaian,sempat menimbulkan suara ledakan keras, yang terdengar di sekitar lokasi kejadian.

“Petugas kami, melakukan penceraiberaian atau disposal untuk mengurangi dampak atau resiko di sekitar,” terang IPTU Girindra wardhana, Kanit Jibom Gegana satbrimob polda jawa timur, kepada reportasenews.com di lokasi kejadian Rabu (23/11).

Pasca disposal, puing-puing sisa kemudian dibawa petugas gegana untuk diamankan sebagai barang bukti.  Petugas akan memeriksa material isi kotak  mencurigakan, dan melaporkan hasilnya kepada Polres Blitar.

“kamis akan periksa dulu dan hasilnya nanti kita laporkan kepada kapolres blitar,” jawab Grindra sambil meninggalkan lokasi kejadian.(YN)

 

 




Loading Facebook Comments ...