Search

KPU Gresik Bakar 10.447 Surat Suara Rusak

Ketua KPU Gresik H Akhmad Roni (tengah) didampingi Komisioner Neng Elvita Yulianti dan Cak Makmun. (foto:dik)
Ketua KPU Gresik H Akhmad Roni (tengah) didampingi Komisioner Neng Elvita Yulianti dan Cak Makmun. (foto:dik)
Gresik, reportasenews.com – Memasuki H-24 coblosan Pemilu 17 April 2019 mendatang,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik menemukan 10.477 lembar surat suara yang rusak. Kerusakan surat suara itu disebabkan oleh kertas yang sobek dan cetakan yang kurang sempurna, seperti komposisi warna, gradasi warna yang tidak sesuai dan adanya bercak warna.
Ketua KPU Gresik Akhmad Roni membeberkan, dari 4,7 juta lembar surat suara yang diterima, ada sebanyak 10 ribuan lembar surat suara yang rusak. Rinciannya, 588 lembar kertas surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, 3.115 lembar untuk pemilihan anggota DPR RI. Lalu, 627 lembar untuk pemilihan DPD, 1.954 lembar untuk DPRD Provinsi, dan sebanyak 4.193 lembar untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Gresik.
“Untuk itu, kami sudah memberitahukan ke KPU pusat per tanggal 16 (Maret) kemarin, supaya dapat segera ditindaklanjuti dan disiapkan penggantinya,” tandas Roni kepada Reportasenews.com, Sabtu (23/3/2019).
Ditegaskan Roni, untuk mencegah penyalagunaan, dalam waktu dekat surat suara yang rusak direncanakan akan dibakar. “Nanti akan dibakar, tapi masih nunggu kedatangan surat suara penganti dulu,” terangnya.
Di tempat yang sama, Elvita Yulianti, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Gresik menambahkan, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk rekan-rekan wartawan Gresik untuk turut serta menyukseskan Pemilu 2019. “Semoga Pemilu 2019 berjalan lancar, aman, dan damai,” jelas mantan Reporter Radio El Bayu Gresik ini.
Sementara Komisioner KPU Gresik Divisi SDM dan Parmas (Partisipasi Masyarakat) Makmun menyatakan, target partisipasi pemilih dalam pemilu kali ini adalah 77,5 persen. Itu artinya, ada kenaikan dibanding 2014, yakni 74 persen. KPU Gresik optimis 77,5 persen tercapai.
Selain itu, lanjut Makmun, KPU Gresik juga telah menuntaskan sortir dan pelipatan 4,7 juta surat suara untuk Pilpres dan Pileg. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Gresik sebanyak 927 ribu sekian yang tersebar di 356 desa. “Kami akan terus melakukan sosialisasi agar seluruh masyarakat Gresik menggunakan hak pilihnya,” papar alumni Mambaus Sholihin Santrinya Yai Buhin ini. (dik)



Loading Facebook Comments ...