Search

KPU Puncak Kembali Tetapkan Pasangan Wandik Murib Calon Tunggal

: Ketua KPU Puncak Erianus Kiwak beserta dua komisioner saat membacakan hasil pleno KPU puncak di Hotel Fave Jayapura. ( foto : riy )
: Ketua KPU Puncak Erianus Kiwak beserta dua komisioner saat membacakan hasil pleno KPU puncak di Hotel Fave Jayapura. ( foto : riy )

Jayapura, reportsenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Puncak kembali menetapkan pasangan Willem Wandik – Alus Murib sebagai calon bupati/wakil bupati setempat setelah melaksanakan peninjauan dukungan partai politik Hanura dan PAN di Jakarta akibat adanya gugatan.

Dari pantauan reportasenews.com di Hotel Fave lokasi dilangsungkannya pleno, KPU Puncak sempat mendapat halangan dari pihak dari pasangan repinus telenggen-David Ongomang yang meminta agar pleno dilaksanakan di Kabupaten Puncak.

Namun KPU Puncak tetap melaksanakan pleno penetapasan pasangan calon sesuai keputusan bawaslu untuk melakukan verifikasi ulang pada dukungan partai PAN dan HANURA.

Ketua KPU Puncak Beserta Komisioner lainnya mantap membacakan keputusan yang mana dilakukan dalam rapat pleno penetapan calon bupati/wakil bupati Kabupaten Puncak Pasangan Willem Wandik-Alus UK Murib berpeluang menjadi calon bupati/wakil bupati tunggal di Kabupaten Puncak, karena dukungan dari pasangan Repinus Telenggen-David Ongomang tidak capai kouta yang ditetapkan.

Hal itu dilaksanakan oleh KPU Puncak setelah merujuk keputusan Panwaslu setempat pada sidang penyelesaian sengketa calon bupati/wakil bupati di Timika, Kabupaten Mimika pada dua pekan lalu.

Dalam keputusan Panwaslu Puncak ada empat poin yang dikeluarkan, salah satunya adalah KPU Puncak diminta untuk meninjau kembali dukungan partai politik (parpol) B1kWK Partai Hanura dan B1KWK Partai PAN.

Sehingga KPU Puncak melakukan itu dengan mengklarifikasi dukungan Partai Hanura dan PAN di Jakarta. Pada saat dilakukan klarifikasi di Jakarta pada pekan kemarin, Partai Hanura menegaskan bahwa mendukung Willem Wandik-Alus UK Murib, sementara klarifikasi di PAN tidak mendapatkan hasil.

Ketua KPU Puncak Erianus Kiwak menyampaikan bahwa KPU Puncak bekerja sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, termasuk telah melaksanakan keputusan Panwaslu untuk melakukan peninjauan kembali dukungan parpol Hanura dan PAN di Jakarta.

“Soal ijazah palsu kami belum terima laporan dari Gakkumdu, sedangkan keputusan dari Panwaslu Puncak menurut kami tidak tegas dan mengambang yang meminta meninjau dukungan parpol dan sudah kami lakukan,” Tegasnya.

Erianus Kiwak juga menambahkan akan langsung melaksanakan jadwal kampanye karena tahapan ini sudah lewat sehingga tahapan akan disesuaikan karena merupakan perintah UU. ( riy )

 




Loading Facebook Comments ...