Search

KPU Situbondo, Bakar Ribuan Surat Suara Rusak 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, bersama anggota Forkopimda , dan Bawaslu,  membakar 1.412 surat suara Pemilu , yang dinyatakan rusak. (foto:fat)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, bersama anggota Forkopimda , dan Bawaslu, membakar 1.412 surat suara Pemilu , yang dinyatakan rusak. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, bersama anggota Forkopimda Situbondo, dan Bawaslu Situbondo,  membakar  1.412 surat suara  yang dinyatakan rusak,  setelah sebelumnya dilakukan penyortiran dan pelipatan, Selasa (16/4/2019).
Pembakaran ribuan surat suara  Pemilu serentak tahun 2019 ini, dilaksanakan di halaman depan Kantor KPU Kabupaten Situbondo. Kegiatan pembakaran ribuan surat suara rusak tersebut, disaksikan oleh anggota Forkopimda Situbondo.
Agus Cahyono Basuki, salah seorang komisioner KPU Kabupaten Situbondo mengatakan, jika pembakaran ribuan surat suara ini sesuai dengan  Undang-undang nomor 7 Tahun 2018, tentang Pemilihan Umum (Pemilu).
“Pada hari ini, kami bersama Bawaslu dan perwakilan dari Forkopimda membakar surat suara rusak, baik surat suara calon legislatif maupun pasangan calon presiden,” ujar Agus Cahyono Basuki.
Menurutnya, dari jumlah total sebanyak  surat suara yang nyatakan  rusak dan  dimusnahkan itu,  merupakan surat suara caleg DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Capres-Cawapres.”Baik rusak karena robek, surat suara belobor maupun surat suara yang dipenuhi tinta,”bebernya.
Agus Cahyono Basuki menegaskan, kualitas surat suara pada Pemilihan Umum 2019 lebih bagus bila dibandingkan dengan surat suara sebelumnya, karena kerusakan surat suara kali ini hanya sekian persen dari jumlah jutaan lembar surat suara di KPU Situbondo.
“Sehingga dengan dimusnahkan surat suara yang rusak. Saat ini tidak ada lagi surat suara di KPU, karena seluruh surat suara telah didistribusikan kepada ratusan PPS di Kabupaten Situbondo, dengan jumlah DPT sebanyak 493.169 ditambah dua persen tiap TPS,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...