Search

KPU Tetapkan DPT Pilkada Situbondo Sebanyak 493.441 Pemilih

Suasana rapat pleno terbuka KPU Situbondo, dalam menetapkan DPT Pilkada Situbondo.(foto:fat)


Situbondo,reportasenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo,  menetapkan jumlah daftar pemilh tetap (DPT) Pilkada Situbondo tahun 2020, dengan jumlah DPT sebanyak 493.441 pemilih.

Jumlah itu berkurang dari daftar pemilih sementara (DPS) yang sebelumnya sebanyak 494.400 pemilih. Bahkan, DPT Pilkada Situbondo itu, menurun  sekitar 1000 pemilih lebih  dari DPT pemilu serentak tahun  2019 yang lalu. 

Usman Hadi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Situbondo mengatakan, setelah melaui proses yang cukupa  panjang, akhirnya KPU Kabupaten Situbondo menetapkan  DPT Pilkada Situbondo  sebanyak 493.441 orang  pemilih.

 “Alhamdulillah, setelah  melalui proses yang cukup panjang dan melalui berbagai tahapan, kita dapat menetapkan DPT Pilkada Situbondo sebanyak 493.441 pemilih,”ujar Usman Hadi, Kamis (15/10/2020).

Usman Hadi menegaskan, sedangkan berkurangnya jumlah DPS ke DPT Pilkada Situbondo itu, akibat banyak pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dan banyak ditemukan data pemilih ganda, sehingga setelah dilakukan pemutakhiran data  secara bertahap, jumlah DPT Pilkada Situbondo tahun 2020 sebanyak 493.441 pemilih. 

“Namun, khusus bagi warga Kabupaten  Situbondo yang tidak masuk dalam DPT itu, dapat menyalurkan hak pilihnya melalui daftar pemilih tambahan (DPTb), dengan hanya menunjukan e-KTP pada pelaksanaan Pilkada Situbondo pada 9 Desember 2020 mendatang,”bebernya. 

Sementara itu, Miftah Farid Jamaludin Koordinator  Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Situbondo mengatakan, diakui jumlah DPT Pilkada Situbondo berkurang  jumlah dari DPS sebelumnya. Bahkan, jumlah  DPT Pilkada Situbondo berkurang sekitar 1000 pemilih dari jumlah DPT pada Pemilu serentak pada tahun 2019 lalu. 

“Meski demikian, DPT Pilkada Situbondo tahun 2020 ini merupakan yang terbaik, karena berdasarkan pencermatan Bawaslu, analisis data ganda merupakan warisan dari Pemilu sebelumnya,”kata pria yang akrab dipanggil Farid. 

Pantauan Reporrasenews.com dilapangan, rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT Pilkada Situbondo tahun 2020,  yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Situbondo, yakni Hotel Lotus itu sempat berjalan alot. Bahkan, sempat diskorsing selama 15 menit.

Itu terjadi lantaran tim sukses  salah satu pasangan calon (Paslon) Cabup-Cawabup Situbondo menilai, ada pemilih dengan NIK luar provinsi yang ditetapkan sebagai DPT. Namun, setelah dicroscek dan teliti ternyata merupakan NIK Situbondo, hingga akhirnya DPT Pilkada Situbondo tetapkan sebanyak 493.441 pemilih. (fat)




Loading Facebook Comments ...