Search

KRI Bima Suci Diresmikan, Gantikan KRI Dewa Ruci

KRI Bima Suci pulang ke Indonesia. Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas layar 3.352 meter persegi/ Dispenal
KRI Bima Suci pulang ke Indonesia. Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas layar 3.352 meter persegi/ Dispenal

Spanyol, reportasenews.com – Sungguh melegakan, akhirnya kapal latih KRI Bima Suci dilepaskan dari dermaga dok kapal Freire Shipyard di Vigo, Spanyol, seperti dikatakan oleh Dispenal.

Hadir dalam peresmian pelepasan KRI Bima Suci, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Ade Supandi. KRI Bima Suci merupakan kapal layar buatan perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di kota Vigo, Freire Shipyard.

KRI Dewa Ruci telah memasuki masa pensiunnya karena sudah melayani pelayaran sejak tahun 1953. KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih pengganti kapal legendaris KRI Dewa Ruci. Dengan ini, KRI Bima Suci masuk kedalam jajaran TNI AL sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji dikukuhkan sebagai komandan pertama KRI Bima Suci, sekaligus menjadi Komandan Satgas Penyeberangan dan KJK 2017 yang akan membawa kapal generasi penerus KRI Dewa Ruci ini tiba di tanah air.

Keistimewaan utama di KRI Bima Suci ada pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, tersedia pula instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Dek utamanya setinggi 9,20 meter dari permukaan laut.

Direncanakan pada 18 September 2017 mendatang, KRI Bima Suci akan melaksanakan tugas pertamanya berlayar dari Spanyol menuju Indonesia. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...