Search

KSAU Resmikan Satuan Depo Pemeliharaan 80

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat melantik satuan baru depo 80 di Lanud Iswahyud madiun. (foto:hap)
KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat melantik satuan baru depo 80 di Lanud Iswahyud madiun. (foto:hap)

Magetan,reportasenews.com –  Dalam rangka peningkatan dan spesifikasi kerja, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu sutisna, pada hari ini Rabu(31/07/2019), meresmikan Satuan baru yaitu Depo pemeliharaan 80 serta sathar pendukungnya.

Dalam upacara pagi tadi bertempat di Lanud Iswahjudi Magetan, Depo pemeliharaan 80 ini merupakan satuan yang baru untuk mendukung perawatan alutsista dilingkup TNI Angkatan udara, atas tuntutan modernisasi pesawat tempur dan radar dalam mendukung keamanan nasional.
Hal tersebut di lakukan juga pelantikan tampuk pimpinan depohar 80 serta pimpinan satuan harian, yang terdiri Sathar 24, Sathar 43, Sathar 54, Sathar 55, Sathar 81, Sathar 81, Sathar 82 dan Sathar 83 secara bersamaan oleh KASAU.
Dalam sambutan nya, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, menjelaskan bahwa satuan ini merupakan satuan baru, guna mendukung dan lebih khusus dalam pemeliharaan pesawat tempur awak dan tanpa awak, dan juga pemeliharaan radar yang dimiliki TNI Angkatan Udara dari yang sudah ada dan yang baru, untuk agar siap selalu untuk menjaga kedaulatan udara Indonesia dari berbagai ancaman luar dan dalam negeri.
“tuntutan satuan tugas baru ini, agar alutsista TNI Angkatan Udara yaitu pesawat tempur,radar untuk senantiasa siap dalam bertugas,apalagi akan ada ratusan alutsista baru yang akan memperkuat, kita belum punya depo khusus dalam pemeliharaan engine pesawat sendiri supaya lebih teliti dan serta terjamin kualitas dan terkontrol” cap Marsekal TNI Yuyu sutisna.
Depohar 80 dengan ini di pimpin dan di jabat oleh, Kolonel Tek Iwan Agung Djumaeri, S.IP,. Sathar 81 di pimpin oleh  Letkol Tek Tri Nugroho, Sathar 82 Letkol Tek Adi Mulia, Sathar 83 di pimpin Letkol Tek Anthon Firmansyah, Sathar 24 dipimpin oleh Letkol Mayor Lek Iwan Dwi Saputra, Sathar 43 di pimpin Mayor Lek muhammad Reza, Sathar 54 dipimpin oleh Mayor Lek Nopriansyah, dan Sathar 55 di pimpin oleh Mayor Lek Muh. Sarwo edy, dengan ruang lingkup kerja di Magetan, jogja serta di Malang.
Dalam tugas dan fungsi Depohar 80, untuk melakukan pemeliharaan mesin pesawat tempur dan komponennya, alat uji dan fabrikasi, dengan Sathar 81 di perbaikan dan perawatan pesawat F-16, Hawk MK 109/209, T-50i.
Untuk Sathar 82 melakukan perawatan dan perbaikan di antara pesawat SUKHOI SU 27/30, pesawat F-5 tiger atau pun penggantinya beserta komponennya.
Sathar 83 yang bertugas melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan tingkat berat komponen mesin pesawat tempur, kalibrasi AUP, NDI, dan fabrikasi.
Sathar 24 merupakan satuan dibawah Depohar 20 yang melaksanakan tugas pemeliharaan dan perbaikan tingkat sedang dan berat pesawat terbang tanpa awak (PTTA)/UAV serta peralatan ACMI dan instrumen non-aircraft.
Sathar 43 adalah satuan dibawah Depohar 40 yang tuganya melakukan pemeliharaan dan perbaikan tingkat sedang dan berat peralatan simulator. Sathar 54 adalah satuan dibawah Depohar 50 yang bertugas memilihara dan memperbaiki komponen card, module unit, uji fungsi peralatan radar Master T.
Dan Sathar 55 di bawah Depohar 50 yang bertugas memilihara dan memperbaiki komponen card, module unit, dan uji fungsi peralatan radar non-survilance.
Tugas TNI Angkatan udara dalam menjaga udara NKRI, menjadi tantangan yang sangat luar biasa. Maka dari itu dengan di Resmikan satuan ini menjadikan lebih profesional dan mandiri. (hap)



Loading Facebook Comments ...