Jumat, 20 Januari 2017

Kualahan Memberi Makan, Pemilik Serahkan Buaya Peliharaannya Ke BKSDA

Kualahan Memberi Makan, Pemilik Serahkan Buaya Peliharaannya Ke BKSDA
Petugas evakuasi buaya sepanjang 3 meter milik warga

PONTIANAK, RN.COM – Seekor Buaya Muara atau Crocodylus porosus jantan sepanjang lebih dari  3 meter diserahkan warga secara sukarela kepada tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan tumbuhan dan satwa langka Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, di Desa Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya (20/9).

“Buaya ini telah dewasa dan kondisinya sehat. Penyerahan secara sukarela karena pemiliknya, Romi, tidak sanggup lagi memberikan makanan setiap harinya, sehingga tim gugus langsung merescue buaya ini,” kata Kepala BKSDA Kalimantan Barat, Ir. Sustyo Iriono, kepada wartawan di Kantor BKSDA Kalimantan Barat.

Buaya muara ini diperoleh Romi dari teman ayahnya pada tahun 2013 lalu dengan ukuran satu meter. Romi memelihara buaya ini selama 3 tahun dan secara rutin diberi makan daging ayam.

“Ini adalah bentuk kesadaran pemiliknya menyerahkan satwa langka ini kepada petugas,” lanjut Sustyo.

Evakuasi buaya yang berada di kolam membuat petugas sempat kewalahan. Tim gugus tugas penyelamatan tumbuhan dan satwa langka dibantu petugas Polsek Sungai Raya mengikat moncong buaya dengan tali dan keempat kakinya. Buaya sempat berontak namun akhirnya berhasil dilumpuhkan.

“Saat ini, Buaya Muara sudah berhasil  dievakuasi, selanjutnya Buaya tersebut dititip-rawatkan di Lembaga Konservasi Sinka Zoo – Singkawang,” tutupnya.(ds)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...