Search

Kuasai 4 Dapil, PKB Situbondo Menjadi Pemenang Pemiliu 2019

KPU Kabupaten Situbondo merampungkan  pelaksanaan rekapitulasi manual  hasil Pemilu Tahun 2019. (foto:fat)
KPU Kabupaten Situbondo merampungkan pelaksanaan rekapitulasi manual hasil Pemilu Tahun 2019. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Situbondo, dipastikan  menjadi pemenang Pemilu serentak Tahun 2019. Pasalnya,   dalam  Pemilu yang dilaksanakan pada 17 April 2019 lalu, PKB Situbondo memperoleh sebanyak 118.164 suara, sedangkan posisi kedua ditempati PPP.

Kepastian PKB Situbondo menjadi pemenang Pemilu Tahun 2019, setelah KPU Kabupaten Situbondo merampungkan  pelaksanaan rekapitulasi manual  hasil Pemilu Tahun 2019, yang dilaksanakan  selama  dua hari di salah satu hotel di Kabupaten Situbondo.

Berdasarkan  hasil rekitulasi manual KPU Kabupaten  Situbondo, PKB Situbondo menguasai empat Daerah Pilihan (Dapil) dari total enam Dapil di Kabupaten Situbondo. Masing-masing adalah, Dapil 1, 4, Dapil 5 dan Dapil 6, dengan jumlah total perolehan sebanyak 118.164, sehingga  dengan perolehan suara tersebut,  PKB Situbondo kembali  menguasai DPRD Situbondo, dengan jumlah total sebanyak 13  kursi.

Sedangkan PPP sebagai pemenang kedua menguasai dua Dapil, yakni Dapil 2 dan Dapil 3, dengan jumlah total  perolehan sebanyak 72.642 suara, sehingga PPP memperoleh sebanyak 9 kursi, pemenang ketiga Pemilu Tahun 2019 itu, justru  ditempati Partai Gerindra, dengan jumlah total perolehan suara sebanyak 42.352 suara, sehingga Partai Gerindra menempatkan 6 orang wakilnya di Kantor DPRD Kabupaten Situbondo.

Pemenang ke empat pada  Pemilu Tahun 2019 di Situbondo itu, ditempati oleh Partai Golkar, dengan jumlah total perolehan suara sebanyak 40.624 suara, sedangkan Partai Demokrat  menjadi pemenang kelima, dengan jumlah total  perolehan sebanyak 30.632 suara. Kedua partai tersebut menempatkan lima wakilnya di Kantor DPRD Kabupaten Situbondo.

Ketua  DPC  PKB Situbondo  Ali  Yafie Muhgni   mengatakan,  dengan perolehan suara sebanyak 118.164 suara dalam Pemilu serentak Tahun 2019  PKB Situbondo kembali menguasai DPRD Situbondo, dengan total perolehan sebanyak 13 kursi.

“Alhamdulillah, perolehan kursi PKB Situbondo ada peningkatan dari Pemilu  tahun sebelumnya,  karena pada Pemilu  tahun 2014 lalu, PKB  Situbondo hanya memperoleh sebanyak  11 kursi,”ujar Ali Yafie Mughni, Sabtu (4/5/2019).

Pria yang akrab dipanggil Ra Yafie menambahkan,  karena  pada Pemilu serentak 2019,   perolehan suara  PKB Situbondo naik. Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus partai, para Caleg  dan simpatisan, sehingga atas dukungannya dan kerja keras para Caleg, PKB Situbondo kembali menjadi pemenang Pemilu tahun 2019 ini.”Mengingat, persaingan  dalam Pemilu serentak Tahun 2019  dilapangan diketahui  memang sangat ketat,’pungkasnya.

Sementara itu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan, jika pelaksanaan rekapitulasi manual hasil Pemilu serentak Tahun 2019 sudah rampung. Bahkan, KPU akan mengantarkan hasil rekapitulasi manual tersebut ke KPU Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah, pelakasanaan rekapitulasi manual hasil Pemilu tahun 2019 berjalan sukses dan lancar, meski dalam pelaksanaan rekapitulasi sempat ada protes dari salah satu saksi. Namun, pada hari ini, akan mengantarkan hasil rekap tersebut ke KPU Provinsi,”terang Marwoto.(fat)




Loading Facebook Comments ...