Search

Kurangi Angka Pengangguran, Disnakertran Situbondo Gelar Job Fair

Pameran bursa kerja atau job fair Tahun 2018. (foto:fat)
Pameran bursa kerja atau job fair Tahun 2018. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Situbondo, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Situbondo,  Jawa Timur, menggelar pameran bursa kerja atau job fair Tahun 2018, Rabu (5/12/2018).

Namun, dalam kegiatan job fair yang direncanakan berlangsung dua hari itu,  dibuka langsung  oleh Syaifullah,  Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Situbondo,  di halaman depan SMKN 1 Panji, Situbondo, Jawa Timur.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Situbondo  Junaidi mengatakan, pada job fair kali ini, pihaknya melakukan kerjasama dengan sebanyak 30 perusahaan, dengan lowongan kerja yang tersedia ratusan.”Ini dilakukan, dengan tujuan untuk mempertemukan pencari kerja dengan  perusahaan,”ujar Junaidi, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Tahun 2017 lalu, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPK) di Kabupaten Situbondo mencapai 1,49. Angka ini jauh dari angka perkiraan Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan (Barenbang) yakni  3,17.”Diharapkan,   dengan adanya job market fair diharapkan angka TPT di akhir tahun ini bisa lebih kecil dari tahun 2017 lalu,”imbuhnya.

Sementara itu, Syaifullah Sekda Pemkab Situbondo mengatakan, diharapkan dengan kegiatan job fair ini para pencari kerja ini tidak kehilangan peluang. “Agar angka pengangguran terus berkurang ada tiga stakeholder yang harus saling bekerjasama, pertama pemerintah, perusahaan dan masyarakat itu sendiri. Selain itu, masyarakat juga  dituntut aktif melamar loker yang ada,”kata Syafullah.

Menurutnya,   ke depan Pemkab Situbondo akan menggodok regulasi baru terkait pencari kerja itu, hanya dibatasi yang berdomisili  di Kabupaten  Situbondo saja. “Hal ini dilakukan, agar angka pengangguran berkurang di Kabupaten Situbondo,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...