Search

Lakukan Inovasi, Sekretariat Daerah Situbondo Mendapat Penghargaan Pelayanan Publik

Sekda  Syaifullah, saat menerima penghargaan dari Wagub Emil Dardak. (foto:fat)
Sekda  Syaifullah, saat menerima penghargaan dari Wagub Emil Dardak. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Upaya inovasi pelayanan publik, yang dilakukan bagian sekretariat Pemkab Situbondo membuahkan hasil. Hal tersebut dibuktikan dengan  penghargaan pada pelayanan publik, yakni penghargaan kategori service of the years,
Penyerahan piagam.  penghargaan kategori service of the years itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Situbondo Syaifullah di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur.
Usai menerima piagam  penghargaan Sekda Pemkab  Situbondo, Syaifullah mengatakan, penghargaan ini didapat berkat inovasi pada sistem layanan publik terpadu (simpel puter). Inovasi ini dinilai telah memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Model dalam simpel puter, masyarakat di dekatkan dengan pelayanan. “Jadi, masyarakat tidak harus datang ke instansi untuk mengurus segala keperluannya,”ujar Syaifullah, Jumat (9/8/2019).
Menurutnya, dalam pelaksanaan simpel puter, pemerintah memberikan pelayanan berbasis marketing. Yaitu pemerintah menjual produk pelayanan publiknya kepada masyarakat. “Kita melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat. Didekatkan pelayananya sebagai bentuk bahwa pemerintah hadir. Selain itu, keberhasilan ini juga berkat arahan dari Bupati dan Wabup Situbondo,” ucapnya.
Syaifullah menambahkan, ke depan akan dikemas dalam bentuk digitalisasi 4.0 yang dikenal dengan Stempel. Sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin optimal. “Inikan sudah berjalan. Kita mengarah kepada digitalisasi. Ke depan, tinggal pembenahan agar lebih baik,” ujar Syaifullah.
Pada pemerintahan periode sekarang, Bupati dan Wabup Situbondo menekankan pemanfaatan digitalisasi. Dalam semua aspek. Tidak terkecuali dalam mengukur kinerja ASN. “Jadi sudah ditekankan oleh Bupati dan Wabup Situbondo,” kata Sekda Syaifullah.
Syaifullah menambahkan, jika semua pelayanan publik digitalisasi itu berjalan sukses. Buktinya, beberapa penghargaan didapat oleh pemerintah daerah karena keberhasilannya memanfaatkan digitalisasi. “Bahkan, sistem digitalisasi sudah terintegrasi dengan instansi vertikal di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya. (fat)



Loading Facebook Comments ...