Search

Latihan Navigasi Udara, Angkatan Udara Rusia Kunjungi Lanud Biak

Dua pesawat IL-76 dan dua bomber TU-95 Bear dg total 110 personel dari AU Rusia dipimpin oleh Commander of Air Squadron Ltc Vladimir Golovkin melaksanakan latihan navigasi jarak jauh , singgah di Lanud Manuhua, Biak/ TNI AU
Dua pesawat IL-76 dan dua bomber TU-95 Bear dg total 110 personel dari AU Rusia dipimpin oleh Commander of Air Squadron Ltc Vladimir Golovkin melaksanakan latihan navigasi jarak jauh , singgah di Lanud Manuhua, Biak/ TNI AU

Papua, reportasenews.com – Persahabatan dan kerjasama antara TNI AU dengan Angkatan Udara Rusia dari waktu ke waktu makin erat.Tidak saja soal pembelian pesawat Sukhoi Su-27/30, tetapi sekarang juga sudah merambah kepada persahabatan para perwiranya. Seperti yang baru berlangsung, dimana puluhan personel Angkatan Udara Rusia, yang dipimpin oleh Commander of air squadron Let Vladimir Golovkin mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Biak, Papua.

Kedatangan mereka disambut Pangkosek Hanudns IV Biak Marsma TNI Heraldy Dumex Dharma M.Si (Han), Komandan Lanud Biak Kolonel Pnb Fajar Adrianto, M.Si dan Forkompinda Biak.

Dengan menggunakan dua pesawat Ilyusin IL-76 sebagai tim aju dan dua pesawat bomber Tupolev Tu-95 yang sudah mendapat SC (security clereance) dari Mabes TNI, personel Angkatan Udara Rusia mendarat di bandara Frans Kasiepo, Biak pada Selasa dinihari (5/12).

Misi mereka adalah melaksanakan latihan terbang navigasi jarak jauh, yang dikombinasikan dengan program kunjungan persahabatan antara kedua Angkatan Udara.

Komandan Lanud Manuhua Biak, Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, M.Si menjelaskan, kedatangan pesawat Rusia merupakan kegiatan penerbangan latihan navigasi jarak jauh.

“Latihan Navigasi seperti ini merupakan hal biasa yang dilakukan oleh para crew untuk meningkatkan profesionalisme awak pesawat. Kami juga sering melaksanakan terbang navigasi jarak jauh” jelas Kolonel Pnb Fajar Adrianto, M.Si (Han).

Selama di Biak, rombongan Angkatan Udara Rusia, akan mengunjungi Lanud Manuhua (Biak). Selain itu mereka juga akan melakukan kunjungan wisata hingga Sabtu (9/12) ke beberapa obyek wisata yang ada di pulau Biak Papua.

Dua pesawat angkut berat Rusia jenis Ilyushin-76 yang datang lebih dulu membawa 81 personel dan peralatan ground handling untuk mendukung kedatangan 2 pesawat bomber Tupolev-95 yang tiba pada siang hari ini. Kedua pesawat Il-76 tersebut berangkat dari Ukraina melalui Singapura dan Manila, kemudian menuju ke Biak.

Sementara dua pesawat bomber TU-95 terbang langsung dari Vladivostok ke Biak selama lebih kurang 12 jam penerbangan. Total personel Angkatan Udara Rusia yang berkunjung ke Biak sebanyak 110 orang.

Diharapkan kegiatan kunjungan Angkatan Udara Rusia kali ini dapat meningkatkan kerjasama antara Angkatan Udara kedua negara sekaligus mengenalkan potensi wisata di Indonesia. Di samping itu, kunjungan tersebut dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan bagi personel TNI AU tentang kemampuan operasional pesawat-pesawat Rusia melalui interaksi dengan personel AU Rusia. (*)




Loading Facebook Comments ...