Search

Lestarikan Budaya, Pemkab Situbondo Gelar Festival Ojhung 

Bupati dan Wabup, anggota Forkopimda, saat bertanding ojhung. (foto:fat)
Bupati dan Wabup, anggota Forkopimda, saat bertanding ojhung. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Untuk melestarikan tradisi ojhung, Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Dispar)  Pemkab Situbondo menggelar festival ojhung Tahun 2019. Festival adu pukul rotan secara bergantian tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Situbondo.
Festival ojhung ini di gelar dalam rangka malam resepsi HUT kemerdekaan RI ke-74  Tahun 2018 itu, ditandai dengan permainan ojhung yang dilakukan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dengan Wabup Yoyok Mulyadil, dan juga anggota Forkopimda Situbondo.
Dengan mengenakan pakaian batik yang dipadu dengan ikat kepala atau odheng khas Kabupaten Situbondo, Bupati Dadang Wigiarto dan Wabup Yoyok Mulyadi bermain ojhung, sebagai tanda dibukanya festival ojhung Tahun 2019 di Alun-alun Kota Situbondo, sehingga kegiatan festival ojhung tersebut makin meriah.
Wabup Situbondo Yoyok Mulyadi mengatakan, selain dalam rangka melestarikan tradisi ojhung, kegiatan festival ojhung Tahun 2019  ini, juga dalam rangka memeriahkan  malam resepsi HUT kemerdekaan RI ke-74Tahun 2019.”Karena ojhung merupakan olahraga asal Desa Bugeman, Kecamatan Kendit,  Situbondo,”kata Wabup Yoyok Mulyadi, Minggu (25/8/2019).
Pria yang akrab dipanggil  Yoyok menjelaskan, permainan ojhung merupakan kesenian rakyat Situbondo sejak dulu. Bahkan, masyarakat Situbondo sudah cukup akrab dengan ojhung.”Oleh karena itu, untuk melestarikan tradisi olahraga ojhung, kami menggelar festival ojhung. Dengan harapan, anak-anak milenial mengenal tradisi  ojhung,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...