Search

Longsor di Probolinggo Lumpuhkan Akses Jalan Jember dan Lumajang

BPBD Kabupaten Probolinggo bersama warga dan TNI membersihkan material di lokasi longsor.(foto: dic)
BPBD Kabupaten Probolinggo bersama warga dan TNI membersihkan material di lokasi longsor.(foto: dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Hujan deras yang terjadi selama beberapa jam mengakibatkan longsor di desa Tlogosari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Akibatnya sejumlah jalan desa sekitar ikut terputus akibat kejadian ini, Rabu (18/10).

Akibat longsor tersebut, ada kurang lebih 14 titik longsor di daerah ini  yang mengakibatkan akses warga yang akan menuju dan hendak meninggalkan Kecamatan Tiris terhambat dan hanya bisa di lalui roda dua saja.

Anung Widiarto, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo mengatakan, pihaknya hari ini telah berkoordinsi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, fokus pada pembersihan material longsor, yang menutup akses jalan di Desa tersebut.

“Hingga kini dilaporkan belum ada korban jiwa akibat longsor tersebut. Berdasarkan laporan yang saya terima, ada sedikitnya 14 titik longsor. Untuk sementara kami akan memasang bronjong untuk mencegah terjadi longsor susulan,”jelas Anung, ketika ditemui di lokasi kejadian.

Agus Herdianto, salah satu warga mengatakan  pada Senin sore, ia mendapatkan kabar bahwa terjadi longsor di daerah Jambisari Jember, lalu ia mengecek ke sana dan benar terjadi longsor. Pada Rabu pagi hari ini, BPBD bersama warga secara gotong royong melakukan pembersihan.

“Sebeulumnya di Desa ini diterpa hujan selama 2 hari. Dimungkinkan akibat hujan yang berkepanjangan mengakibatkan longsor ini terjadi. Di Desa ini terjadi longsor 5 tahun yang lalu, saat ini terjadi longsor serupa, namun longsor kali ini yang terparah,”jelasnya.

Longsor yang terjadi di Kecamatan Tiris membuat Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko datang langsung ke lokasi untuk meninjau longsor. Wabup Timbul, menyebutkan ada 7 Kecamatan yang rawan longsor di Kabupaten Probolinggo.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga dan BPBD yang sigap membersihkan material longsor. Semoga longsor ini merupakan terakhir kalinya terjadi di Desa Tlogosari ini,”ungkap Timbul.

Untuk kawasan yang rawan longsor, Timbul menyebutkan ada 7 kecamatan yang rawan longsor, diantaranya adalah Kecamatan Tiris, Sukapura, Sumber, Krucil, Lumbang, Gading, dan Pakuniran.

Pemkab telah membentuk tim tanggap bencana, dimana tim tersebut akan segera melaporkan jika adanya bencana sehingga tim BPBD dapat datang ke lokasi.(dic)




Loading Facebook Comments ...