Search

Lupa Matikan Api, Rumah Milik Warga Situbondo Ludes Terbakar

warga tengah memadamkan sisa api yang menghanguskan rumah warga yang terbakar. (foto:fat)
warga tengah memadamkan sisa api yang menghanguskan rumah warga yang terbakar. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com -Diduga lupa mematikan api di tungku dapurnya, sebuah rumah milik Ibrahim (55), warga Dusun Gudang, Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo ludes terbakar dilalap si jago merah, Jumat (6/9/2019).

Bahkan, kondisi rumah dan dapur  semi permanen yang terbuat dari gedek atau anyaman bambu milik  korban nyaris rata dengan tanah. Selain itu, sebagian perabot rumah tangga milik korban  Ibrahim juga hangus terbakar.

Diperoleh keterangan, peristiwa kebakaran rumah dan dapur milik milik korban Ibrahim itu, berawal saat korban Seniye (53) yang tak lain istrinya,  sedang memasak nasi dengan menggunakan tungku kayu bakar di dapurnya.

Usai memasak nasi  Seniye dan suaminya lupa mematikan api di  tungku  dapurnya, pasangan suami istri (Pasutri) yang bekerja sebagai buruh tani itu, langsung bergegas ke sawah untuk mencari rumput pakan ternaknya.

Akibatnya, kobaran api dari tungku langsung menyambar dinding dapur yang terbuat dari gedek. Namun, karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga  hanya dalam hitungan menit kobaran api langsung merembet ke seluruh rumah milik korban Ibrahim.

Mengetahui  rumah milik tetangganya terbakar, salah seorang warga  langsung berteriak minta tolong, sehingga hanya dalam hitungan puluhan warga datang datang ke lokasi kejadian,  mereka pun  langsung memadamkan kobaran api, dengan menggunakan alat seadanya, kobaran api baru dapat dipadamkan dua setelah kejadian.

 “Begitu mengetahui rumah  korban  terbakar, puluhan warga langung memadamkan kobaran api, dengan menggunakan alat seadanya, karena dikhawatirkan kobaran api akan merembet ke rumah warga yang lain,”kata Suwardi, Jumat (6/9/2019).

Camat Jatibanteng, Situbondo Wira Mukti membenarkan adanya  kebakaran   rumah milik korban Ibrahim . Namun,  berdasarkan keterangan korban, kebakaran  rumah semi permanen  tersebut akibat istri korban lupa mematikan api di tungku dapurnya.”Dugaan sementara, kebakaran tersebut akibat istri korban lupa mematikan api di tungku dapurnya,”kata Wira Mukti.

Menurutnya, begitu mendapat informasi adanya rumah Desa Sumberanyar  terbakar, pihaknya bersama Muspika Jatibanteng langsung menuju lokasi kejadian. Selain  melihat kondisi rumah milik korban yang terbakar, pihaknya juga melakukan pendataan tentang kerugian materi akibat kebakaran tersebut.”Dengan total kerugian materi akibat kebakaran rumah milik korban Ibrahim itu diperkirakan mencapai Rp20 juta,”pungkas Wira Mukti.(fat)




Loading Facebook Comments ...