Search

Mangkok Nasi Porselen Mao Zedong Dilelang

Mao Zedong dan presiden AS Richard Nixon dalam acara bincang minum teh
Mao Zedong dan presiden AS Richard Nixon dalam acara bincang minum teh

Hongkong, reportasenews.com: Mangkok nasi poselen milik pemimpin revolusi Cina, Mao Zedong akan dilelang. Item yang cukup langka ini merupakan salah satu item sejarah penting didunia seni tembikar porselen cina.

Mangkuk ini merupakan bagian dari koleksi yang juga mencakup satu set peralatan cangkir dan peralatan makan lainnya. Item langka ini adalah sejarah menjelang akhir Revolusi Kebudayaan ketika pemimpin revolusi Mao menggerakan kekuatan besar di Cina.

Mao pada waktu itu memerintahkan membuat 4.000 keping porselen termasuk mangkuk, cangkir dan peralatan makan lainnya yang akan dibuat di Jingdezhen. Wilayah ini dikenal sebagai sentra porselen yang paling terkenal dimasa lalu.

“Dalam rangka untuk memastikan porselen buatan mereka aman untuk Mao, semua porselen yang dibuat di Jingdezhen harus dibuat dengan pengawasan khusus,” kata kolektor.

“Dua ratus pengrajin menghabiskan waktu dua tahun penuh membuat porselen, dan pada akhirnya 900 buah dipilih untuk dikirim ke Beijing untuk digunakan pemimpin besar Mao dan pejabat resmi lainnya,” katanya.

“Sisanya diperintahkan untuk dimusnahkan. Namun, pabrik yang membuat porselen tidak ingin sisa stok itu dihancurkan, sehingga ia membuat alasan untuk menempatkan mereka ke dalam gudang penyimpanan sehingga pabrik ini bisa mengirimkan porselen pengganti ke Beijing jika cangkir dan piring ada yang pecah atau rusak.”

Ketika waktu berjalan, pabrik yang membuat porselen sempat mendapatkan masalah keuangan dan memberikan beberapa item porselen itu untuk staf sebagai pengganti gaji. Akhirnya koleksi ini sempat pindah tangan kelapisan masyarakat awam.

“Mao porselen” dipandang sebagai item istimewa khusus untuk dalam makna sejarah mereka, dan menyita perhatian setiap kali mereka dilelang. Pada 2013, satu set porselen atau sekitar lima mangkuk nasi Mao dijual dengan harga HK $ 8 juta oleh Polly Lelang Hong Kong, tapi mereka dibuat di provinsi kampung asli Mao di Hunan.

Mao mangkuk porselen ini akan dilelang di Inggris pada bulan Mei oleh Lyon dan Turnbull, dalam kemitraan dengan Macey & Sons di Hong Kong.

Keluarga kolektor di Hong Kong telah membeli beberapa item langka saat melakukan bisnis di daratan. Pada tahun 1996, 68 set Mao porselen terjual dengan harga 7,9 juta yuan (HK $ 10 juta) ketika dijual di Beijing. (HSG)

ScreenShot020




Loading Facebook Comments ...