Search

Masuki Masa Tenang  Bawaslu Pasuruan Bersihkan APK

Bawaslu bersihkan alat peraga kampanye. (foto:abd)
Bawaslu bersihkan alat peraga kampanye. (foto:abd)
Pasuruan, reportasenews.com – Alat Peraga Kampanye (APK) di jalanan mulai dibersihkan, sejak memasuki masa tenang, sejak hari Minggu (14/4/2019), hingga hari ini petugas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Kota maupun Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, beserta jajaran di bawahnya terus lakukan pembersihan.
Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Nasrup menuturkan, pihaknya telah melakukan penertiban APK bersama Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), dan Panwascam telah melakukan pembersihan APK di tiap wilayahnya masing-masing.”Kami bersihkan APK di jalanan karena hari ini masuk masa tenang,” paparnya, Senin (15/4/2019).
Sementara di Kota Pasuruan, aksi penertiban juga dilakukan oleh Bawaslu setempat. Seluruh baliho peserta Pemilu dibersihkan, seperti di kawasan jalanan strategis.”Kami melakukan pembersihan APK di kawasan strategis dan tadi di kelurahan Gadingrejo sudah dicopot. Kita lakukan pembersihan hingga sebelum pencoblosan,” jelas M Anas, Ketua Bawaslu Kota Pasuruan.
Pihaknya berjanji akan melakukan pembersihan seluruh APK mulai dari gang-gang di pemukiman warga yang banyak bertebaran.”Kami dengan dibantu PTPS dan PPL terus melakukan pembersihan dan penertiban. Untuk selanjutnya di kawasan yang menuju TPS juga bebas APK. Upaya ini dilakukan hingga alat peraga kampanye yang bertebaran itu nihil,” ungkap dia.
Pihaknya sebelumnya juga telah memberikan imbauan kepada petugas PTPS untuk melakukan patroli secara rutin demi memastikan tidak adanya praktik-praktik terlarang maupun kecurangan selama masa tenang berlangsung. Selain itu, pemberitahuan kepada masing-masing partai politik maupun caleg telah dilakukan sebelum memasuki masa tenang. (abd)



Loading Facebook Comments ...