Rabu, 18 Januari 2017

Matinya Panda Jantan Tertua Didunia

Matinya Panda Jantan Tertua Didunia
Selamat Jalan Jia Jia - Salah satu Panda jantan tertua diunia Jia Jia, akhirnya mati akibat penyakit tuanya/ Inhabitat

HONGKONG, REPORTASE – Hari Minggu kemarin, satu satunya hewan Panda tertua didunia yang pernah ada dalam kandang penangkaran kebun binatang dinyatakan mati.

Nama Panda ini adalah, Jia Jia.  Dia menghabiskan hari terakhirnya di Hong Kong Ocean Park, yang telah didiami oleh Jia Jia sebagai rumah tetapnya selama 17 tahun terakhir hidupnya.

Pada usia 38 tahun, dia telah jauh melampaui batas usia hidup alamiah untuk seekor Panda seperti saudara saudaranya dialam bebas sana, Jia Jia menjadi artis nasional yang sangat terkenal dan membuat kematiannya diratapi oleh penduduk di Hongkong. Demikian disebutkan Inhabitat.

Jia Jia pertama kali datang ke Hong Kong pada tahun 1999. Dia dan saudaranya Panda jantan An An yang kini berusia 30 tahun, menciptakan sensasi luarbiasa pada saat kedatangan mereka didalam kebun binatang Hongkong Ocean Park.

Temannya, An An saat ini merupakan Panda jantan tertua kedua di penangkaran. Panda biasanya tidak hidup melewati usia 20 di alam liar, dan mungkin beberapa tahun lebih dari itu ketika berada di bawah perawatan manusia.

Pengasuhnya di Ocean Park mengatakan bahwa umur panjang Jia Jia dan An An adalah bukti perawatan terbaik yang dia diterima selama disana.

Manusia tertua didunia diperkirakan usia tertingginya saat ini dikisaran usia 114 tahun dan jika usia ini dibandingkan oleh  Jia Jia di tahun usia manusia, maka akan mirip mirip, diusia renta ini Jia Jia mulai menyerah pada penyakit fisik kaum “manula”.

Panda kakek ini terkena tekanan darah tinggi, arthritis, dan katarak di antara penyakit yang melanda dirinya di tahun terakhirnya.

Jia Jia telah juga tiba-tiba kehilangan berat badan dan nafsu makan nya, kondisi kritis ini mendorong dokter hewan untuk membuat keputusan  berat untuk meringankan penderitaan dengan memberikan suntikan euthanize awal pekan ini.

Kepala Hongkong Ocean Park, Leo Kung mengatakan, “Jia Jia adalah anggota keluarga kami yang menghabiskan 17 tahun yang indah dengan orang-orang Hong Kong, dan dia akan sangat merindukan.”, Rest in Peace Jia Jia  (HSG/ Inhabitat)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel Reportase News. Untuk mendapatkan informasi terupdate, silakan berlangganan newsletter kami melalui kolom email di bawah ini.

No Responses

Loading Facebook Comments ...