Search

Melihat Keindahan Supermoon Dari Waterfrontcity Pontianak

Fenomena alam Supermoon.
Fenomena alam Supermoon.

Pontianak, reportasenews.com – Fenomena alam menarik terjadi pada hari ini, Kamis (21/03/2019). Di siang hari, peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi.

Peristiwa ini terjadi dua kali dalam setahun, yakni 21-23 Maret dan 21-23 September. Uniknya lagi, saat matahari berkulminasi, di sana telur berdiri tegak.

Nah pada malam hari ini, tepat pukul 18.00 WIB, fenomena alam yang tak kalah menariknya, adalah Supermoon.
Pada malam ini, bulan dapat disaksikan dengan mata telanjang paling dekat dengan bumi. Ini yang menyebabkan bulan lebih tampak besar dibandingukuran bulan normal pada hari biasanya.

Supermoon pada malam ini, adalah supermoon terakhir di tahun 2019. Sebelumnya, supermoon terjadi pada 19 Februari 2019.
Bulan malah lebih tampak besar karena bulan berada di titik terdekat dengan bumi.
Keindahan supermoon ini tentu tidak dilewatkan warga kota Pontianak. Apalagi cuaca malam hari ini cerah, sehingga keindahan supermoon tampak sangat jelas.

Posisi terbaik melihat supermoon adalah berada di lapangan yang luas, agar pandangan tidak terhalang benda lainnya. Posisi terbaik ini dapat dilakukan berada di waterfront City Pontianak yang kini ditata lebih baik dengan desain minimalis. Sehingga keindahan supermoon dapat terlihat dengan jelas.

“Momen peristiwa fenomena alam ini sangat langka, senang sekali dapat melihat supermoon dari sini dan terlihat sangat indah. Sebetulnya awalnya tidak tahu kalo malam ini ada supermoon, tapi pas keluar dan melihat momen supermoon, malam ini terasa istimewa,” kata Yuni, warga Kotabaru Pontianak yang saat supermoon terjadi berada di waterfrontcity Pontianak.
Supermoon dapat menimbulkan pasang air laut, namun kondisi ini tak perlu dikuatirkan, namun juga mesti diwaspadai terutama mereka yang tinggal di pesisir pantai. (das)




Loading Facebook Comments ...