Search

Mencari Spot Snorkeling di 11 Pantai Terbaik di Dunia

kehidupan laut

Reportasenews.com – Jika ditanya, dimanakah pantai terbaik untuk melakukan snorkeling? Bukan cuma terbaik disatu negara, tapi juga dianggap: terbaik diseluruh dunia.

Dengan meminta beberapa ahli kelautan untuk berbagi beberapa tempat favorit mereka untuk snorkeling, CNN Travel mencatat beberapa spot snorkeling terbaik. Dua spot snorkeling terbaik didunia ada di Indonesia.

1. Raja Ampat (Papua Barat, Indonesia)
Para ahli biologi dan biodiversiti laut mengatakan sulit menemukan tempat lain di dunia ini yang memiliki konsentrasi kehidupan laut terbesar di dunia untuk ukuran dan 75% dari semua spesies karang yang dikenal di dunia.
Sebuah oasis laut dengan lebih dari 1.000 jenis ikan, kura-kura laut, hiu dan pari manta yang berbeda, snorkeling di sini adalah “best of the best”, surga terbaik.
Snorkelers berhadapan langsung dengan ikan dan karang di segala arah sambil berenang di perairan kepulauan ini, yang terdiri dari 50.000 kilometer persegi pulau dan perairan.
“Setiap hari Anda bisa mengalami sesuatu yang berbeda,” kata ahli biologi kelautan dan pemandu snorkeling Lee Goldman atau Coral Triangle Adventures.

2. Taman Nasional Komodo (Indonesia)
Meskipun kalah beken dengan pamor Taman Nasional Komodo, percayalah bahwa pantai disini yang ada di lima pulau di dunia di mana pengunjung dapat melihat komodo di alam bebas, snorkeling di sini tidak boleh diabaikan.
Pulau Komodo menjadi Situs Warisan Dunia selama lebih dari 30 tahun, taman nasional di Indonesia ini sangat terlindungi, memberi kelimpahan kehidupan bawah laut dan karang bagi mereka untuk berkembang.
Daerah ini juga kaya nutrisi, berkat air dingin yang menyerbu dari ke Samudera Hindia, menjaga kehidupan laut penuh makanan berlimpah. Snorkeling disini akan membuat kita tahu kenapa lokasi ini begitu istimewa, kata Coral Triangle Adventures ‘Goldman.

3. Kepulauan Galapagos (Ekuador)
Tidak seperti kebanyakan tempat dalam daftar ini, snorkeling di Kepulauan Galapagos Ekuador tidak berputar-putar di sekitar karang berwarna dan ikan tropis. Ini adalah kehidupan laut yang hebat – kita berbicara tentang singa laut, hiu, lumba-lumba, kura-kura dan bahkan penguin.
Pulau ini pernah menjadi basis Teori Evolusi Charles Darwin, Kepulauan Galapagos menawarkan pengalaman snorkeling yang menarik dan unik di darat dan bawah laut.
Lokasi terpencil pulau ini berarti bahwa satwa liar bersahabat dan mudah didekati – terutama karena mereka tidak sering bertemu dengan manusia.
“Ada kemungkinan Anda akan didekati oleh seekor singa laut yang menyenangkan,” kata Jim Sano, wakil presiden bidang perjalanan, pariwisata dan konservasi dengan World Wide Fund for Nature (WWF).

4. Segitiga Terumbu Karang (Asia Pasifik)
Peregangan dari Borneo Timur adalah keanekaragaman hayati laut dunia. Ini adalah rumah bagi 75% dari semua spesies karang yang dikenal di dunia dan mencakup 647 juta hektar lahan dan laut.
Apa yang membuatnya sangat mengagumkan bagi para perenang snorkel adalah kita tidak bisa pergi ke manapun di kawasan penuh dengan 2.000 spesies atau ikan karang, yang ada di bawah permukaan. Kawasan ini juga rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu laut di dunia.

5. Filipina
Biasanya wisatawan tidak menganggap Filipina sebagai tujuan “go-to” untuk snorkeling? Sano WWF menekankan bahwa ini adalah salah satu tempat terindah untuk aktivitas bawah laut.
“Banyak perenang snorkel kami mengatakan bahwa ini adalah perjalanan favorit mereka – dan mereka sangat terkejut,” katanya.
Terdiri dari lebih dari 7.000 pulau, Filipina merupakan rumah bagi salah satu ekosistem yang paling padat penduduknya dan beragam di planet ini.
Yang menonjol adalah Bay of Donsol, rumah bagi hiu paus – ikan raksasa yang hidup terbesar di dunia. Pengunjung memiliki kesempatan untuk berenang di samping raksasa yang lembut dan ramah ini. Area lain yang patut dicermati adalah Pulau Noa Noa, yang memiliki ribuan ikan karang berwarna-warni dan terumbu karang yang subur.

6. Silver Bank (Republik Dominika)
Silver Bank adalah satu-satunya tempat di dunia di mana orang bisa berenang dan snorkeling bersama ikan paus bungkuk.
Lokasi ini adalah hamparan Laut Karibia yang relatif dangkal, sehingga tidak terbatas pada kapal-kapal besar.
Hal ini menjadikannya tempat yang aman bagi populasi paus bungkuk Atlantik Utara untuk kawin dan melahirkan. Snorkelers bisa mengejar paus bungkuk antara bulan Desember dan April saat mereka melewati daerah tersebut.

7. Palau (Mikronesia)
Pernah ingin berenang dengan ubur-ubur tanpa harus khawatir disengat mereka?
Palau Jellyfish Lake adalah tempat yang cocok untuk pergi. Naik perahu dan mendaki sebentar akan membawa kita ke danau yang tidak biasa dan terisolasi ini, dihuni oleh jutaan ubur-ubur yang tidak berbahaya.
Terumbu karang yang dangkal dan sehat Palau adalah habitat beragam hewan laut yang kaya. Pengunjung dapat menemukan kehidupan laut seperti kura-kura, ikan tropis, pari manta dan hiu.

8. Great Barrier Reef (Australia)
Semua orang kenal dengan Great Barrier Reef. Namun popularitasnya bukan tanpa substansi atau harus diabaikan.
Terdiri dari 2.900 terumbu individu dan membentang lebih dari 2.300 kilometer, ini adalah ekosistem terumbu karang terbesar di dunia dan telah ada selama setengah juta tahun.
Terumbu karang di sini mudah dijangkau para snorkel dan dipenuhi dengan beragam ikan dan karang.
Airnya hangat, menjadikannya lingkungan yang sempurna untuk menjelajahi pemandangan bawah laut yang tak tertandingi. Sayangnya, para ilmuwan mengatakan bahwa lokasi ini diramalkan bisa punah seperti tahun 2050 karena perubahan iklim.
Kadar karbon dioksida yang meningkat di atmosfer membuat lautan menjadi hangat, kata mereka, memutihkan karang karang sampai mati.

9. Kepulauan Solomon
Menempati ujung timur Segitiga Terumbu Karang, Kepulauan Solomon adalah tujuan populer bagi penyelam scuba.
Bagian dari ketenaran mereka berasal dari begitu banyak bangkai kapal perang yang tenggelam akibat pertempuran Pasifik Selatan yang berlangsung di Perang Dunia II.
Tapi Kepulauan Solomon adalah tujuan yang bagus untuk snorkeler juga. Di tempat-tempat seperti Pulau Uepi dan Pulau Mary bisa mengarungi pantai untuk menemukan terumbu karang yang indah yang dipenuhi dengan kehidupan laut seperti elang raksasa, hiu, barakuda dan batfish.

10. Isla Holbox (Meksiko)
Sebuah pulau yang sepi di Semenanjung Yucatan, Isla Holbox adalah tujuan utama hiu paus dunia, kata Ted Martens, wakil presiden pemasaran Natural Habitat Adventures.
“Makhluk raksasa ini sebenarnya tidak berbahaya,” tambahnya.
Selama musim panas, hiu paus berenang di permukaan dan memakan plankton. Ini adalah saat para perenang snorkel dapat berenang di samping ikan raksasa – beberapa di antaranya dapat mencapai panjang hingga 18 meter (60 kaki).
Sedangkan untuk pulau itu sendiri, ini terkenal dengan praktik ekowisata yang masuk akal. Tidak ada mobil di sini – hanya kereta golf.

11. Kealakekua Bay (Big Island, Hawaii)
Ada satu ton tempat snorkel yang bagus di Hawaii, namun Teluk Kealakekua tidak hanya memiliki karang, ikan, kura-kura, dan lumba-lumba yang dinamis, ada juga sejarahnya.
Tempat ini adalah tepat di depan Monumen Captain Cook di darat, sebuah obelisk putih yang dipasang di dekat lokasi di mana pejalan kaki James Cook yang terkenal dibunuh oleh penduduk asli Hawaii pada tahun 1779. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...