Search

Menyelam di Padangbai Bersama Ikan Hiu dan Penyu

Dua penyelam Fakhri dan Dani, mendekati penyu besar di situs ferry channels, Padangbai, Bali. (foto-foto: Hendrata Yudha)
Dua penyelam Fakhri dan Dani, mendekati penyu besar di situs ferry channels, Padangbai, Bali. (foto-foto: Hendrata Yudha)

Denpasar, reportasenews.com–Menyelam di Bali sungguh asyik. Banyak situs penyelaman yang patut dijelajahi, salah satunya Kawasan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasi menyelam ini menghadap pantai timur, persis bersebelahan dengan Pelabuhan Padangbai yang melayani ferry ke Pulau Lombok.

okasi yang indah yang dikenal sebagai PadangBai, memiliki situs menyelam yang akan melayani semua level penyelaman, perairan biru kristal, karang keras dan lunak yang luar biasa, Tembok Besar, semua layak perjalanan sendiri.

padangbai sweetlips

Padangbai menawarkan banyak lokasi penyelaman yang memiliki karakteristik tersendiri, karang yang bagus dan alami penuh dengan kehidupan makro, serta hal-hal menarik lainnya. Lokasi yang paling terkenal yaitu Jepun, Drop Off, Blue Lagoon, Silayukti Point, Ferry Channel, Bias Tugal, Secret Jetty, dan Secret Jepun.

Ketika menyelam di Padangbai, kami ditemani dive guide Wayan Sudiarta “Bodrex”. Pemilik usaha penyelaman ini, dikenal ramah dan mudah bergaul. Menguasai bahasa Inggris dengan baik, yang membuat turis mancanegara pun tak sungkan bercengkerama dengannya.

Pemandu selam Wayan Sudiarta “Bodrex” (tengah) diapit Dani dan Fakhri. Pengetahuan alam bawah air cukup luas dan komplek tentang lokasi penyelaman di Padangbai.

Pemandu selam Wayan Sudiarta “Bodrex” (tengah) diapit Dani dan Fakhri. Pengetahuan alam bawah air cukup luas dan komplek tentang lokasi penyelaman di Padangbai.

Pengetahuan Wayan “Bodrex” cukup luas dan komplek tentang lokasi penyelaman di Padangbai. Ia akan menyarankan pilihan lokasi, sesuai dengan level penyelam yang ikut serta.

Saya membawa dua orang murid selam Fakhri dan Dani yang sedang water exam Scuba Advance NAUI dan Taqi Dhirabrata level open water, ia menyarankan di situs Ferry Channel karena memiliki tantangan kemampuan bouyency yang baik dan arus yang kadang muncul.

Ferry Channel ini tantangan  tak jauh dari lokasi Kapal Ferry hilir mudik, perlu konsentrasi ketika sambil menikmati pemandangan baik air,” jelas Wayan, ketika briefing sebelum penyelaman.

Hiu hingga Ikan Kodok

Hampir disemua lokasi penyelaman yang dipilih, setiap saat anda akan ditemani oleh oriental Sweetlips, Belut Moray, Beberapa Spesies Ikan Badut Dan Ikan Anemon, Napoleon Wrasses, Trevallies, Jackfish, Ikan Tuna, Moorish Idols, Crocodile Fish, Lion Fish, Frogfish, Gurita, Sotong, Ikan Hiu, dan Penyu.

Jika Anda adalah seorang penyuka fotografi bawah air  maka Anda akan menyukai diving Padangbai Jetty, tempat menyelam menyelam untuk yang aneh dan aneh, beberapa hal yang dapat Anda lihat di sini, adalah: Ikan Katak, Mimik Gurita, Ikan Cumi, dan banyak lagi.

Bertemu hiu jenis black tip Padangbai, menjadi sensasi yang mengasyikan.

Bertemu hiu jenis black tip Padangbai, menjadi sensasi yang mengasyikan.

Di beberapa titik selam,  anda memiliki kesempatan melihat ikan hiu karang bintik putih dan hitam begitu pula dengan Hiu Nurse dan Wobbegong.

Di titik selam Blue Lagoon,  anda akan menemui Frogfish, Ornate Dan Ghost Pipefish Yang Lincah, Leaf Scorpionfish, Pygmy Seahorse, Nudibranch, Siagiani Squat Lobster, Kepiting Orang Utan, Rhinopias, Kepiting Zebra dan Krustasea lainnya akan menghibur anda.

Fakhri Muslim Harahap

Fakhri Muslim Harahap

Fakhri menikmati penyelaman di titik ini, karena dengan adanya arus bawah air membuat dirinya bisa memahami bagaimana situasi bawah air yang berbeda. Dengan kaki katak yang digunakan  model jetfins, ia bisa menunjukkan kemampuan melayang sekaligus menyiasati pergerakan dengan lancar.

Johanis Daniel Fair

Johan Daniel Fair

“Asyik menyelam disini, karena ada arus dan pemandangan bawah airnya bervariasi dari berbagai macam terumbu karang juga jenis ikan yang menarik,” jelasnya.

Tiga penyelam, Fakhri, Dani dan Taqi.

Tiga penyelam, Fakhri, Dani dan Taqi.

Lain lagi komentar Dani, penyelam yang senang tantangan. “ Asyik tempat mengasah bouyency, juga berbagai objek bawah air yang instagramable nih,” katanya.

Blue Lagoon

Ingat filem jaman dulu yang dibintangi Brooke Shields. Lokasi menyelam Blue Lagoon dikenal dengan perairan yang jernih, pasir putih bersinar dan batu karang sehat yang dikelilingi oleh gerombolan ikan warna warni. Bila ini tidak menarik perhatian para pemula, maka tidak akan ada yang bisa.

Blue Lagoon memiliki beberapa batu karang yang dangkal yang cocok untuk selam fotografi dan selam malam hari. Ada beberapa sekumpulan karang  yang tumbuh dari kedalaman 5 meter. Situs menyelam ini sangat populer dikalangan fotografer karena kedalaman dan kualitas kehidupan bawah lautnya.

Padangbai 8 pemandangan

Ada banyak yang bisa anda saksikan di sini mulai Napoleon wrasse, beberapa macam hiu karang, Stone Fish, Belut Moray, Belut Blue Ribbon , Nudibranch, Ikan Pari, Cumi- cumi, gurita, Leaf Scorpion Fish dan Stargazers, dan itu hanya beberapa saja.

Kami menyelam di lokasi ini menjelang senja, ketika sinar matahari merah mulai pudar ke ufuk.

Taqi Dirabrata

Taqi Dirabrata

Taqi Dirabrata yang menyelam pertama kali di Padangbai, terkagum-kagum dengan menemukan binatang bawah laut yang selama ini hanya dilihatnya di televisi.

“Ini pertama kali lihat penyu, lobster, hiu, gurita dan ikan pari langsung di bawah air. Senang dan asyik,” tutur murid kelas 2 SMA ini.

Menyelam di Padangbai menjadi kegiatan yang asyik dan menyenangkan, menjadikan liburan yang berkualitas bagi kaum urban seperti kami. (hendrata yudha)




Loading Facebook Comments ...