Search

Meriahkan Agustusan, Polres Situbondo Ikuti Festival Gapura Cinta Negeri

Usai memasang gapura, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono bersama anggota melakukan foto bersama. (foto:fat)
Usai memasang gapura, Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono bersama anggota melakukan foto bersama. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019, Polres Situbondo mengikuti “Festival Gapura Cinta Negeri”, yang digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kementerian Sekretaris Negara (Setneg) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Kapolres AKBP Awan Hariono dan sejumlah perwira Polres Situbondo, mereka bersama-sama   ikut membuat dan memasang. Bahkan, mendirikan gapura di pintu masuk Mapolres Situbondo, Jawa Timur.
Kapolres mengatakan, pihaknya sengaja mengikuti festival gapura cinta negeri, sesuai dengan ajakan Presiden RI Joko Widodo pada momen HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019,  yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat persatuan dan menumbuhkan sikap nasionalis masyarakat.
“Makna yang terkandung dalam festival gapura ini, untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan nilai-nilai persatuan kesatuan. Selain itu, juga untuk  meningkatkan nilai nasionalis, dan  membangkitkan partisipasi masyarakat, serta  menumbuhkan kreatifitas, inovasi,”kata AKBP Awan Hariono, Jumat (16/8/2019).
Menurutnya, selain ikut festival gapura tingkat Polda Jatim, dan festival gapura tingkat nasional, namun dalam momen HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun ini, pihaknya juga menggelar lomba memasang gapura untuk Polsek jajaran.”Jadi kami juga menggelar lomba memasang gapura untuk 17 Polsek di Situbondo,”ujar AKBP Awan Hariono.
Kapolres Awan Hariono menambahkan, sedangkan icon yang dipasang dalam festival gapura di pintu masuk Mapolres Situbondo, antara lain bergambar perahu layar di Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo.”Selain itu, dipasang  lambang-lambang yang sesuai dengan nilai-nilai Kemerdekaan Republik Indonesia, seperti  burung garuda,  bertuliskan SDM Unggul Indonesia Maju.
Lebih lanjut AKBP Awan Hariono menambahkan, Polres Situbondo mengikuti festival gapura dalam kategori khusus, karena panitia pusat dalam festival ini membagi dua kategori, yakni kategori khusus dan umum. “Saya berharap  Polres Situbondo menjadi pemenangnya dalam festival Gapura Cinta Negeri, dalam momen HUT Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...