Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Internasional · 5 Jan 2017 13:56 WIB ·

Militer Australia Harus Minta Maaf, Latihan TNI Tetap Dilaksanakan


					Seorang tentara Australia memberikan petunjuk kepada prajurit TNI dalam sebuah latihan bersama. Perbesar

Seorang tentara Australia memberikan petunjuk kepada prajurit TNI dalam sebuah latihan bersama.

Jakarta, reportasenews.com-Kendati ada kasus pelecehan terhadap Pancasila dalam kurikulum pendidikan militer di Auastralia, TNI belum akan menarik seluruh anggotanya yang sedang melakukan pendidikan disana.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku belum ingin menarik semua anggota TNI yang berada di Australia. Pasalnya mereka baru satu bulan melakukan pelatihan dan pendidikan.

“Belum satu bulan. Baru saja,” ungkap Gatot.

Gatot Nurmantyo menilai pelecehan yang dilakukan militer Australia terhadap Indonesia sudah cukup lama. Namun, baru saat ini saja ditemukan bukti di dalam sistem kurikulum pendidikan militernya.

“Yang ditemukan pada saat itu. Yang lama kita belum tahu juga. Tapi saya yakin sudah lama itu,” ujar Gatot Nurmantyo di Rakernas Kementerian Pertanian 2017, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (5/1).

Gatot juga menegaskan tidak ingin ke Australia untuk menyelesaikan masalah militer. Menurut Gatot seharusnya Militer Australia yang meminta maaf dan datang ke Indonesia secara langsung.

“Ngapain saya ke Australia. Harusnya dari sana ke sini. Kan jelas mau ngirim chief army, ngapain saya kesana lagi,” papar Gatot.

Sebelumnya diberitakan , dalam kurikulum pendidikan militer Australia menyebut salah satu pelecehan yang dilakukan yaitu menyebut Pancasila menjadi Pancagila.

“Tentang tentara yang dulu, Timor Leste, Papua juga harus merdeka dan tentang Pancasila yang diplesetkan jadi Pancagila,” ujar Gatot.

Menurut Gatot pelecehan yang dimasukkan ke dalam sistem pendidikan militer Australia sangat bertentangan dengan ideologi Indonesia.

Karena hal itu Gatot dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu kompak untuk menghentikan kerjasama militer atas perintah Presiden Joko Widodo

“Pada saat mengajar disana, ditemukan hal tidak etis sebagai negara sahabat yang mendiskresikan TNI dan bangsa Indonesia, bahkan ideologi bangsa Indonesia,” ungkap Gatot. (tat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Boneka Hello Kitty Jadi Modus Penyelundupan Sabu Antar Provinsi

16 April 2024 - 17:23 WIB

Libur Lebaran Usai, Puluhan ASN Pemkab Situbondo Masih Bolos Kerja

16 April 2024 - 17:18 WIB

Mobil Dinas Pemkab Probolinggo Digunakan Mudik, Terpantau Seliweran di Jalur Pantura Situbondo

16 April 2024 - 05:27 WIB

Gas LPG Melon Langka, Anggota Komisi VI Nasim Khan Sidak SPBE Situbondo

15 April 2024 - 17:22 WIB

Libur Lebaran, Ribuan Pengunjung Padati Pantai Wisatai Pasir Putih Situbondo

15 April 2024 - 06:25 WIB

Arus Balik Lebaran Tahun 2024 di Jalur Pantura Situbondo, Terpantau Mulai Ramai Lancar

14 April 2024 - 14:12 WIB

Trending di Daerah