Search

Miras Oplosan Methanol Yang Mematikan

Aneka miras oplosan berbahan dasar methanol yang mematikan.
Aneka miras oplosan berbahan dasar methanol yang mematikan.

Jakarta, reportasenews.com— Minuman keras (Miras) oplosan yang menewaskan 52 orang di Bandung dan Sukabumi, mengandung bahan Methanol dan alcohol. Oleh penjualnya, namanya disamarkan sebagai “ginseng”.

“Saya imbau masyarakat jangan terbius dengan nama ginseng ya, seolah nambah kekuatan, padahal nggak ada ginseng ya,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto kepada wartawan di sela peninjauan kesiapan jalur mudik di Limbangan,

Selain itu, dari keterangan dokter, mengonsumsi minuman yang mengandung Methanol dan alkohol menimbulkan berbagai gejala. Mulai dari sesak napas, setelah itu mual, muntah, hingga napas habis. Melihat ciri-ciri itu, minuman yang dikonsumsi dipastikan mengandung Methanol dan ethanol.

Methanol, juga dikenal sebagai metil alkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH.

Apa Saja Bahaya Methanol

Merusak hati: Senyawa Methanol yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi seperti formalin yang dapat merusak hati dalam waktu beberapa jam.

Keracunan: Seseorang yang mengkonsumsi Methanol akan merasa mual dan sakit kepala layaknya seseorang yang sedang keracunan. Tentu saja, karena Methanol memang merupakan senyawa yang beracun, konsumen yang mengkonsumsinya akan langsung keracunan.

Kejang – kejang: Setelah keracunan, konsumen tersebut juga bisa langsung kejang – kejang akibat tubuhnya yang menolak racun dari Methanol masuk. Kejang – kejang bisa terjadi lama hingga lebih dari empat jam.

Kerusakan syaraf: Bahaya lainnya adalah terjadjnya kerusakan syaraf pada tubuh dan bahkan syaraf – syaraf bisa tidak berfungsi. Anda tahu kan kalau sekujur tubuh kita terdiri dari syaraf – syaraf yang saling menyambung.

Otot tidak bisa digerakan: Badan konsumen Methanol akan terasa sulit digerakan karena otot – ototnya yang menegang. Konsumen akan kaku dan sulit melakukan apapun.

Sesak nafas: Senyawa Methanol yang terhirup juga akan menyebabkan sesak nafas.

Kerusakan pada kulit: Kulit yang tertetes atau tersentuh senyawa Methanol juga dapat rusak dengan gejala gatal – gatal, kering, hingga iritasi. Itu makanya Methanol tidak boleh disentuh secara langsung oleh kulit kita.

Kematian: Terakhir, bahaya yang paling mengancam adalah kematian. Seperti yang sudah diberi tahu bahwa tidak sedikit yang harus meninggal dunia akibat mengkonsumsi Methanol.

Sudah jelas Ethanol yang dapat dikonsumsi saja berbahaya, bagaimana Methanol yang memang tidak boleh dikonsumsi. (hendrata yudha)




Loading Facebook Comments ...