Search

Nasib Warga Jakarta, Mudik Macet Kembali Macet Lagi

Kemacetan di ruas jalan tol Cikampek. (foto:ist)
Kemacetan di ruas jalan tol Cikampek. (foto:ist)

Jakarta, reportasenews.com- Kemacetan tak bisa dihindari, ketika arus balik Natal 2017 diperkirakan terjadi malam ini hingga besok pagi. Petugas pun akan segera dikerahkan untuk memastikan pengamanan di sejumlah titik termasuk mulai dari pintu masuk menuju Jakarta, yakni gerbang Tol Karawang Utama.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan merespons situasi terkini yang terjadi. Dia mengatakan terus berkoordinasi dengan Jasa Marga memantau arus lalu lintas melalui rekaman Closed Circuit Television (CCTV).

“Prediksi arus balik hari ini dan besok. Petugas (Polres Bekasi) pun sudah siap di jalur darat, Cikampek dan sekitarnya,” kata Kombes Pol Argo Yuwono, di Jakarta, Selasa (26/12).

Dia berharap, kemacetan parah tidak terjadi pada arus balik Natal. Jika pun terjadi, Argo mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menangani kepadatan kendaraan.

“Mungkin bisa dilakukan contra flow, artinya nanti akan mengambil jalur yang satu lagi. Jadi akan ada tambahan satu jalur jika dimungkinkan dilakukan seperti itu,” katanya.

Argo menyampaikan, petugas kepolisian akan berkoordinasi dengan Jasa Marga untuk memudahkan penanganan kepadatan kendaraan. Melalui pantauan CCTV yang dimiliki Jasa Marga akan diketahui ruas tol mana yang mengalami kepadatan.

“Kita melihat cctv kira-kira yang terpadat di kilometer berapa. Nanti di situ ada permainan gate. Bisa saja analisis lewat CCTV, jadi terlihat apakah ada buka tutup di situ atau tidak, sehingga ketahuan jika terjadi kemacetan panjang,” ujarnya. (tat)




Loading Facebook Comments ...