Search

Nelayan Sungai Kapuas Tangkap Ikan Betutu Raksasa Seberat 6 Kilogram

Ikan Betutu seberat 6 kg yang berhasil di tangkap seorang nelayan di Sungai Kapuas. (foto:das)
Ikan Betutu seberat 6 kg yang berhasil di tangkap seorang nelayan di Sungai Kapuas. (foto:das)

Pontianak, Reportasenews.com – Betutu adalah nama sejenis ikan air tawar. Ikan ini tergolong ikan yang pendiam dan kurang aktif. Namun ikan Betutu disukai pasar ikan di luar negeri. Ini menyebabkan ikan Betutu dengan nama latin Oxyeleotris Marmorata tergolong ikan dengan harga jual yang tinggi.

Selain mahal, ikan Betutu dipercaya memiliki beragam khasiat kesehatan. Kandungan Albumin yang tinggi, ikan Betutu yang dikonsumsi dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka bekas operasi. Selain itu, ikan ini dipercaya menambah vitalitas dan kecantikan.

Meskipun agak jarang ditemukan berukuran besar, namun seorang Nelayan pesisir Sungai Kapuas, Syarief Husein, terkaget-kaget saat mendapatkan ikan Betutu berukuran besar dengan berat mencapai 6 kilogram.
Kerabatnya, Syarief Faisal juga merasa heran ikan Betutu yang ditangkap Husein lebih besar dari ikan yang pernah ditangkapnya selama ini, yang biasanya paling besar seberat satu kilogram.

Syarief Husein nelayan bersama hasil tangkapannya ikan Betutu seberat 6 kg (foto:das)

Syarief Husein nelayan bersama hasil tangkapannya ikan Betutu seberat 6 kg (foto:das)

“Ini ikan Betutu terbesar, bahkan boleh dibilang ikan Betutu raksasa,” ujar Faisal terkagum dengan hasil tangkapan ikan saudaranya kali ini.

karena peristiwa ini baru ditemuinya pertama kali, ia menyebarkan tangkapan Ikan Betutu seberat 6 kilogram ini ke media sosial termasuk mengirim foto ke sejumlah wartawan online lokal.

Karena merasa penasaran, reportasenews.com menjumpai Faisal dan kerabatnya Syarief Husein di jalan Batulayang, Kompleks makam Kesultanan Kadariah Pontianak, Sabtu (22 Juni 2019) sore tadi.

Memang benar, ikan Betutu ini berukuran jumbo dengan berat mencapai hampir 6 kilogram.

“Ikan ini awalnya ditangkap ada dua ekor yang terjerat pukau trawl, tetapi yang satu lepas, beratnya diperkirakan sama, karena ikan ini sepasang,” terang Husein.

Husein menceritakan awalnya ia dan seorang kerabatnya ingin mencari umpan udang di Sungai Kapuas dengan menggunakan pukat.

Husein yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Maju Jaya ini lantas mencari umpan dengan pikat di perairan Sungai Kapuas menggunakan sampan berkayuh ke arah lokasi dekat Pemakaman Kesultanan Pontianak.

“Saat menarik pukat trawl, terasa begitu berat sehingga saya tak menyangka sama sekali setelah mengetahui yang tertangkap pukat saya adalah ikan Betutu  berukuran besar. Karena saya pikir awalnya ikan Belidak. Alhamdulillah ini rejeki saya,” ungkap Husein.

Husein lantas membawa hasil tangkapannya ke rumah dan dimasukkan ke dalam styrofoam box berukuran besar yang telah berisi air. Ikan kemudian dibawanya ke rumah.

“Belum ada rencana mau menjualnya, tapi jika ada penawaran yang tinggi ikan Betutu ini akan dijual. Karena kami sekeluarga memang tidak pernah mengkonsumsi ikan Betutu,” ucapnya mengakhiri. (das)




Loading Facebook Comments ...