Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Ekonomi · 23 Des 2016 12:40 WIB ·

Ngeri! Jembatan Cisomang Retak, Jalan Tol Purbaleunyi Dibatasi


					Jembatan Cisomang, Plered Purwakarta yang retak strukturnya. Perbesar

Jembatan Cisomang, Plered Purwakarta yang retak strukturnya.

Jakarta, reportasenews.com-Jembatan Cisomang yang melintang Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) tepatnya di KM 100+700, mengalami keretakan strukturnya. Dikhawatirkan bisa roboh sewaktu-waktu, arus lalu lintas dikurangi sehingga jalur Jakarta ke Bandung dan sebaliknya, terancam terganggu.

Kerusakan itu ditemukan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada hari Kamis (22/12) kemarin.

“Terjadi pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) yang sudah melebihi batas izin yang disyaratkan, namun demikian vibrasi jembatan tersebut masih dalam ambang batas aman,” demikian bunyi keterangan pers yang diterima reporasenews.com, Jumat (23/12) siang.

Menurut Arie Setiadi Moerwanto, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku Ketua KKJTJ, telah melaporkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  agar segera dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap keamanan jembatan.

“Dengan pertimbangan tersebut di atas, ada pembatasan beban lalu lintas yang diizinkan melalui Jembatan Cisomang,” jelas Arie Setiadi Moerwanto.

Sebagai tindak lanjut, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR (selaku Ketua KKJTJ) meminta kepada BPJT (sebagai regulator jalan tol) dan PT. Jasa Marga (sebagai operator jalan tol) untuk segera menerapkan pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan Golongan I.

BPJT dan PT. Jasa Marga juga diminta untuk segera melakukan monitoring pergerakan pilar-pilar Jembatan Cisomang, serta melaksanakan perkuatan terhadap struktur jembatan untuk mencegah pergeseran lebih lanjut dan menjamin kapasitas struktur jembatan berada pada kondisi aman untuk pengguna lalu lintas.

Pengalihan Arus Lalu-Lintas

Antisipasi agar kerusakan itu tidak semakin parah, akan dilakukan pengalihan arus lalu-lintas, sebagai berikut :

  • Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).

 

  • Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600).

Pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang diberlakukan secara efektif mulai hari Jumat, Tanggal 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB sampai tiga bulan dan akan dievaluasi kembali secara periodik. Saat ini tengah dilakukan analisis desain dan penanganan jembatan oleh PT. Jasa Marga. (tat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo

19 April 2024 - 20:19 WIB

15 Kilogram Sabu dari Malaysia Masuk Ke Kalbar, Seorang Kurir Berhasil Diringkus

19 April 2024 - 19:04 WIB

Wali Kota Binjai Amir Hamzah Mendaftar Pencalonan Bakal Calon Walikota ke Partai Demokrat

19 April 2024 - 18:52 WIB

Polres Kubu Raya Ungkap Motif Suami Bunuh Mantan Istri di Gang Limbung Kubu Raya

19 April 2024 - 17:53 WIB

Debit Air Sungai Batanghari Naik, BPBD Minta Masyarakat Waspada

19 April 2024 - 16:44 WIB

Pj. Walikota Jambi Sidak Sejumlah TPA, Usai Libur Lebaran

19 April 2024 - 15:50 WIB

Trending di Daerah