Search

Panasonic EVA 1: 5.7K Super 35, EF mount, 4K 10bit 4: 2: 2 Kamera

Panasonic EVA 1: 5.7K Super 35, EF mount, 4K 10bit 4: 2: 2 Kamera
Panasonic EVA 1: 5.7K Super 35, EF mount, 4K 10bit 4: 2: 2 Kamera

Amerika, repotasenews.com – Pembuat film indie akan menyukai kamera baru dari Panasonic ini karena kapabilitasnya dan harganya yang lebih ramah.

Panasonic EVA 1 adalah kamera dengan EF mount dan dilengkapi dengan sensor 5.7K Super 35 CMOS sensor memakai Dual-Native ISO (mirip dengan Varicam LT dan 35) dan Juga mampu menjalankan 4K 10bit 4: 2: 2 internal sampai 60p, serta output Raw 5,7K melalui update firmware masa depan yang akan direncanakan.

Dimasukkannya mount EF asli tidak begitu mengejutkan karena sensor CMOS Super 5.7K berukuran 35 inci yang baru, yang nampaknya sangat baru dan tidak sama dengan yang ada di Varicam LT / 35. Namun, Panasonic EVA 1 yang baru, akan memiliki semacam dukungan Dual Native ISO yang serupa dengan kamera yang lebih besar, namun saat ini ISO asli masih diuji dan belum diumumkan secara resmi.

Panasonic EVA 1 yang baru juga sangat kompak, mirip dengan ukuran FS5, dan beratnya hanya 1,2 kg. Pegangan atas dapat dilepas, yang akan membuatnya dapat memakai stabilizer gimbal.

Panasonic telah merilis AU-EVA1, di Cine Gear Expo 2017 di Los Angeles, AS, sebuah kamera bioskop baru 5,7K yang diposisikan di antara kamera mirrorless Panasonic Lumix GH5 4K dan kamera bioskop VariCam LT 4K. Kompak dan ringan, AU-EVA1 dibuat khusus untuk pengambilan gambar sinematik, namun juga cocok untuk film dokumenter, iklan, dan video musik.

“Untuk akuisisi bergaya bioskop, kami menyadari ada ruang antara GH5 dan VariCam LT,” kata Manajer Pemasaran EMEA Nela Pertl. “Dengan ukurannya yang ringkas dan sensor 5.7K yang baru, EVA1 mengisi celah itu untuk berbagai aplikasi pembuatan film.”

ScreenShot014

EVA1 berisi sensor berukuran 5.7K Super 35mm berukuran baru yang dirancang untuk menangkap gambar sinematik yang baik. Dengan memulai resolusi native yang lebih tinggi, sensor 5.7K menghasilkan gambar yang menyelesaikan lebih tinggi saat turun sampel ke 4K, UHD, 2K, dan bahkan 720p. Hasil informasi warna yang meningkat menghasilkan gambar selesai yang lebih halus dan lebih akurat.

Salah satu fitur utama VariCam 35, VariCam LT, dan VariCam Pure adalah ISO asli ganda. Dengan memanfaatkan proses yang memungkinkan sensor dibaca dengan cara yang berbeda secara mendasar, ISO asli ganda mengekstrak lebih banyak informasi dari sensor tanpa merendahkan gambar. Hal ini menghasilkan kamera yang dapat beralih dari sensitivitas standar ke sensitivitas tinggi tanpa peningkatan kebisingan, atau artefak lainnya.

“Pada VariCams, dual native ISO telah memungkinkan para cinematographers untuk menggunakan cahaya redup, menghemat waktu dan uang, serta memungkinkan berbagai pilihan artistik. EVA1 akan menyertakan ISO asli ganda, namun kamera saat ini sedang diuji untuk menentukan spesifikasi akhir ISO,” tambah Nela Pertl.

Kemampuan untuk menangkap warna yang akurat dan nada kulit yang kaya adalah suatu keharusan bagi pembuat film manapun. Seperti jajaran kamera bioskop VariCam, EVA1 berisi tangkapan V-Log / V-Gamut untuk menghadirkan rentang dinamis dan warna yang tinggi. V-Log memiliki karakteristik kurva log yang agak mengingatkan pada film negatif dan V-Gamut memberikan ruang warna yang lebih besar dari pada film. EVA1 juga akan mengimpor colourimetry yang dirayakan dari garis VariCam.

Beratnya hanya 1.2Kg (body-only) dengan form factor kompak (17cm x 13.5cm x 13.3cm) dan handgrip yang dapat dilepas, EVA1 dapat digunakan untuk aplikasi pemotretan genggam yang efisien dan juga dapat dipasang pada drone, gimbal rig, atau dipasang di Jib untuk gerakan kamera yang kompleks namun mulus. Juga akan ada banyak poin pemasangan dan Panasonic saat ini bekerja dengan pembuat aksesori teratas untuk memungkinkan penyesuaian lebih lanjut dengan EVA1.

Ideal untuk pembuat film indie, kartu SD berbiaya lebih rendah. Kamera bisa merekam dalam beberapa format dan tingkat kompresi, dan menawarkan hingga 10 bit 422, bahkan di 4K. Rincian format rekaman yang lengkap akan tersedia pada saat peluncuran EVA1.

Kamera menggunakan EF-mount, memberi akses kepada para kamerawan ke ekosistem lensa EF yang luas, termasuk puluhan lensa prime-zoom bioskop dan zoom dari banyak produsen. Electronic Image Stabilization (EIS) digunakan untuk mengkompensasi goncangan kamera dan blur, yang akan membantu menghaluskan pengambilan gambar atau disangga di bahu pada proyek dokumenter atau pembuatan run-and-gun.

Dibalik mount lensa, roda filter ND terintegrasi pada 2, 4, dan 6 berhenti memungkinkan kontrol eksposur yang tepat. EVA1 juga memungkinkan filter IR Cut dipasang dari jalur ke sensor saat menekan sebuah tombol. Efek fotografi yang unik dan citra penglihatan malam dimungkinkan dengan kontrol atas inframerah ini.

Sebagai alat produksi video profesional, EVA1 menawarkan input audio XLR seimbang double dan output video berkemampuan 4K baik di HDMI dan SDI. Dalam upgrade firmware masa depan, EVA1 akan menawarkan output RAW 5.7K ke perekam pihak ke-3.

EVA1 akan tersedia akhir tahun ini seharga di bawah $ 8.000 (body only).

Panasonic EVA 1 Features

New 5.7K Super 35 sensor
Dual Native ISO
Canon EF mount native!
V-Log and V-Gamut from Varicam LT/35
4K Raw (Downsample from 5.7K) output planned as future update
4K 10bit 4:2:2 internal recording
4K/60p
2K / 240fps Super-Slow Motion internal
Dual SD Card slots
Electronic IBIS – nothing more concrete than that.
No EVF
There will be some form of AF support, but not confirmed what exactly
4K out via HDMI and SDI
Timecode in and out
Built-in ND filters – 2, 4, 6 stops
IR Cut in / out
Varicam Colorimetry
Weight 1.2 kgs
Price: Approx $8000
Available in September/October 2017
Other:

XLR Audio
HDMI & SDI 4K Video Outputs
1.2 kilogramm
6.69″ x 5.31″ x 5.23″ (LxHxW)
Proprietary LCD monitor connections




Loading Facebook Comments ...