Search

Panwaslu Komitmen Bersihkan APK Diluar Ketentuan

Panwaslu melakukan pembersihan APK yang terpasang di jalur strategis di Kabupaten Pasuruan. (foto: abd)
Panwaslu melakukan pembersihan APK yang terpasang di jalur strategis di Kabupaten Pasuruan. (foto: abd)

Pasuruan, reportasenews.com – Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, tetap berkomitmen dan konsistensi dalam pengawasan jelang Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 tahun ini. Penegasan tersebut diantaranya dengan melakukan pembersihan alat peraga kampanye (APK) di luar ketentuan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Ahmari mengatakan, bahwa pihaknya sampai saat ini masih menunggu proses mekanisme pembuatan APK sesuai dengan perundang-undangan yang ada.”Pihak KPU masih melakukan proses tender untuk cetakan alat peraga kampanye yang dibutuhkan peserta Pilkada Pasuruan,” ungkapnya, saat ditemui wartawan, Kamis (1/3/2018).

Dijelaskan, APK tersebut disesuaikan dengan desain yang telah dikirim tim pemenangan peserta Pilkada ke KPU Kabupaten Pasuruan, baik berupa baliho, banner, selebaran hingga poster, sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan masa kampanye tersebut.“Bilamana kalau di lapangan masih ditemukan adanya APK diluar ketentuan, berarti hal itu masih ilegal,” papar Ahmari.

Selanjutnya diketahui, seluruh APK peserta Pilkada harus didaftarkan ke KPU, termasuk jumlah 150% yang dibuat oleh tim pemenangan peserta Pilkada itu sendiri.“Kami terus kordinasi dengan tim kampanye untuk melaksanan penertiban terlebih dahulu sebelum pihak KPU melaksanakan pemasangan APK sesuai dengan aturan KPU. Semua harus didaftarkan,” imbuhnya.

Pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Sat Pol PP,  telah melakukan pembersihan bersama-sama. Penertiban akan dilakukan, bilamana masih terdapat APK di luar ketentuan. Panwaslu juga kordinasi dan komunikasi dengan stakeholder, pada tim kampanye, sebagai bentuk komitmen dalam mengawal proses masa kampanye agar demokratis. (abd)




Loading Facebook Comments ...