Search

Pasca Kerusuhan 11 Ribu Lebih Warga Tinggalkan Wamena

Pesawat Hercules milik TNI AU yang akan mengangkut warga meninggalkan wamena. (foto:fat)
Pesawat Hercules milik TNI AU yang akan mengangkut warga meninggalkan wamena. (foto:fat)

Jakarta, reportasenews.com – Kerusuhan di Wamena, Papua pada 23 September lalu menyisakan trauma yang mendalam bagi ribuan warga yang tinggal di wilayah tersebut. Rasa trauma akibat kerusuhan yang menewaskan setidaknya 32 jiwa dan puluhan lain mengalami luka-luka membuat warga lebih memilih untuk eksodus meninggalkan Wamena dengan alasan kemanan.

Hingga kini lebih dari 11 ribu orang meninggalkan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua bahkan ada yang memilih untuk kembali kekampung halamannya.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan 11.646 orang telah eksodus setelah terjadi keresuhan.

“Sebanyak 11.646 orang terdata eksodus sejak 23 September hingga 2 Oktober 2019,” kata , Harry Himat, Kamis (3/10) seperti dilansir Antara.

Harry mengatakan, sebanyak 7.467 orang telah meninggalkan Wamena dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan 4.179 orang menggunakan penerbangan komersial.

Sementara itu Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, menyatakan jumlah pengungsi yang dievakuasi menggunakan pesawat Hercules dari Wamena ke Jayapura mencapai 6.520 orang per 1 Oktober 2019 setelah rusuh di wilayah tersebut belum lama ini. (*)




Loading Facebook Comments ...