Search

Pasca Lebaran Pendatang Tak Miliki KTP Depok Wajib Buat SKTT

Walikota Depok Muhammad Idris Abdul Somad. (foto:ltf)
Walikota Depok Muhammad Idris Abdul Somad. (foto:ltf)
Depok,reportasenews.com  – Guna mencegah terjadinya urbanisasi pasca Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melangsungkan operasi yustisi sejak Sabtu (8/6/2019) kemarin.
Wali Kota Depok, Idris Abdul Somad mengatakan, operasi yustisi kependudukan dilaksanakan guna mencegah pendatang gelap pasca libur Lebaran. Apabila saat dilangsungkan diketemukan pendatang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) manapun, maka akan dijerat dengan pasal tindak pidana ringan (tipiring).
Sedangkan bagi pendatang yang kedapatan KTP-nya luar Kota Depok, wajib mengajukan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT).
“Kami sejak kemarin sudah inpeksi ke beberapa titik kedatangan baik itu di Terminal Jatijajar, Stasiun Depok Lama dan Stasiun Depok Baru,” kata Idris di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Selasa (11/6/2019).
Bagi pendatang ber-KTP luar Depok, kata Idris, Disdukcapil akan mencatat asal kedatangan serta tujuannya datang ke Depok.

“Datang dari mana, mau apa segala macam, inilah yang nanti akan menjadi perhatian kita. Kita minta supaya mereka minta Surat Keterangan Tempat Tinggal sesuai dengan ketentuan selama enam bulan. Kalau setelah enam bulan nanti akan kita minta surat pindah dari kelurahan,” ujarnya.

“Jika tidak membuat Surat Keterangan Tempat Tinggal, kita dapat memuulangkan ke alamat lamanya,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir menuturkan, pihaknya bukan hanya menggelar operasi yustisi kependudukan di tempat kedatangan warga. Namun juga di sejumlah titik yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Kami memiliki program operasi yustisi sebanyak 22 kali dalam setahun, termasuk pascalebaran ini kami akan lakukan di 11 kecamatan,” kata Munir.

Dia mengaku pihaknya kerap menemui kesulitan untuk mendata pendatang lantaran banyaknya pintu masuk menuju Kota Depok yang berpenduduk sekitar 2 juta jiwa. (jan/ltf)



Loading Facebook Comments ...