Search

Pejabat Palestina Tuduh Israel Menyemprot Bahan Kimia di Gaza

israel militer-02

Palestina, reportasenews.com – Pihak berwenang Israel dilaporkan telah menyebarkan herbisida di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza, memprovokasi kemarahan pemerintah Palestina.

Nizar al-Wahedi, seorang pejabat dari Kementerian Pertanian Palestina, mengatakan bahwa sebuah pesawat Israel baru-baru ini terlihat melakukan penyemprotan herbisida di sepanjang perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, Kantor Anadolu Turki melaporkan.

“Bahan kimia ini menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian dan membahayakan lahan pertanian,” kata pejabat tersebut, bersikeras bahwa “Israel tidak memiliki hak untuk menyemprot herbisida di lahan pertanian Palestina.”

Namun dia mengatakan bahwa agensinya tidak tahu komposisi bahan kimia yang sudah disemprotkan oleh pesawat Israel keatas lahan pertanian milik Palestina.

Pada saat yang sama, sebuah LSM Israel bernama Gishna mengklaim bahwa penyemprotan dilakukan untuk menyingkirkan “rumput yang tidak dibutuhkan” di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza.

Sebelumnya, seorang petani Palestina berusia 59 tahun telah ditembak mati oleh tentara Israel di dekat perbatasan dengan Jalur Gaza. Seorang sumber di dinas medis Gaza mengatakan kepada media Sputnik bahwa orang tersebut hanya bekerja di tanah miliknya saat dia terbunuh, sementara pihak Israel mengklaim bahwa petani tersebut diduga mendekati daerah terlarang di sepanjang perbatasan sambil mengabaikan peringatan berulang-ulang.

Ketegangan di perbatasan antara Israel dan Palestina berkobar setelah keputusan Presiden AS Donald Trump pada bulan Desember untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan memindahkan kedutaan AS ke kota tersebut dari Tel Aviv, dengan bentrokan antara Palestina dan pasukan Israel dan warga negara yang sedang berlangsung hampir setiap hari sejak pengumuman. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...