Search

Pembebasan Lahan Underpass Dewi Sartika Depok Bakal Dikerjakan 

Jalan Dewi Sarika depok. (foto:ist)
Jalan Dewi Sarika depok. (foto:ist)

Depok,reportasenews.com  – Dalam waktu dekat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok akan melaksanakan pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Pembangunan tersebut bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di persimpangan Jalan Dewi Sartika yang dilintasi kereta api listrik (KRL) dari arah Bogor menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Rustandi mengungkapkan, lahan yang akan digunakan untuk proyek tersebut diperkirakan lebih dari 5.000 meter. “Untuk perencanaan detailnya sudah kami buat, yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan. Kami juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 150 miliar,” ujar Dadan saat ditemui di Balaikota Depok, Selasa (13/8/2019).
Dadan menuturkan, tim penaksir (appraisal) akan turun ke lokasi guna mengkaji harga lahan. Ia pun menargetkan pembebasan lahan akan rampung sebelum tahun ini berganti. Karena pembangunan underpass tersebut direncanakan akan dilangsungkan pada 2020. “Keuntungan proyek ini setidaknya dapat membantu kepadatan yang terjadi di Jalan Raya Sawangan dan Jalan Raya Margonda,” ucapnya.
Dadan Rustandi. (foto:ltf)

Dadan Rustandi. (foto:ltf)

Mengenai sosialisasi terhadap warga yang terkena dampak pembangunan underpass, kata Dadan, pihak sedang melakukan. Bahkan, pihak telah melakukan pendekatan persuasif kepada para pemilik lahan. “Insya Allah, tidak ada penolakan,” katanya.

Mantan Kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kota Depok itu merinci sebagian besar lahan yang bakal digunakan untuk pembangunan underpass merupakan lahan kering, sedangkan jumlah rumah yang terkena imbas sekitar puluhan unit. Kepada warga yang terkena dampak, PUPR Kota Depok memilih pemberian kompensasi berupa ganti rugi sesuai nilai aset dibanding relokasi. “Soal harga tergantung tim penaksir,” tandasnya.
Pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika sendiri akan dikerjakan bersama dengan Pemprov Jawa Barat. Pemkot Depok berperan dalam hal pembebasan sedangkan pembangunan secara fisiknya dilakukan Pemprov Jawa Barat. (jan/ltf)



Loading Facebook Comments ...