Search

Pemerintah Keluarkan PERPPU Pembubaran Ormas Anti Pancasila

Menkopolhukam umumkan Perppu Pembubaran Ormas Anti Pancasila, di kantor Menkopolhukam Jakarta, rabu (12/7)
(foto.istimewa)
Menkopolhukam umumkan Perppu Pembubaran Ormas Anti Pancasila, di kantor Menkopolhukam Jakarta, rabu (12/7) (foto.istimewa)

Jakarta, reportasenews.com – Pemerintah akhirnya mengeluarkan Perppu yang mengubah UU Ormas. Perppu tersebut tentang perubahan atas UU No 17 Tahun 2014 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Perppu yang telah ditandatangani Presiden Jokowi ini diumumkan oleh Menkopolhukam Wiranto di Kantor enkopolgukam Jakarta Pusat, Rabu (12/7).

Wiranto mengatakan, salah satu hal yang diubah dari aturan yang lama, adalah mekanisme pencabutan izin.

“Bahwa lembaga yang mengeluarkan izin atau yang memberikan pengesahan, adalah lembaga yang seharusnya mempunyai wewenang untuk mencabut atau membatalkannya,” ujar Wiranto.

Kewenangan izin dan pengesahan ormas ada di tangan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sedangkan  yang berbentuk yayasan ada di tangan Kementerian Dalam Negeri.

Sementara itu Guru Besar Ilmu Hukum Tata Negara Prof Yusril Ihza Mahendra mempertanyakan apa urgensinya  pemerintah  mengeluarkan Perppu yang mengubah UU Ormas ini. Menurutnya tak ada alasan kegentingan memaksa yang memungkinkan Presiden mengeluarkan Perppu.

“Situasi kegentingan apa yang ada dalam benak Presiden sehingga memandang perlu mengeluarkan Perppu? Apa karena keinginan membubarkan HTI,” ujar Yusril. (dik)




Loading Facebook Comments ...