Search

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1439 H Jatuh Pada Kamis 17 Mei 2018

Pemerintah  melalui kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. (foto:ist)
Pemerintah melalui kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. (foto:ist)

Jakarta, reportasenews.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018. Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim dalam sidang Isbat di Gedung Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Selasa, (15/05).

Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan ini dihadiri oleh pejabat eselon Kementerian Agama, Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), PBNU, PP Muhammadiyah Ormas Islam, BMKG serta LAPAN. Hadir pula sejumlah Duta Besar Negara Sahabat dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Lukman Hakim mengatakan dari pelaku Rukyatul Hilal yang tersebar di 95 titik seluruh tanah air maka sampai dengan Isbat tadi berlangsung kementerian agama telah menerima laporan dan kesaksian 32 pelaku rukyatul hilal.

“Dari  32 saksi  tidak ada satupun yang berhasil melihat hilal. Maka dengan perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal yang tidak melihat hilal, sebagaimana fatwa MUI maka bulan Syakban saat ini kita sempurnakan menjadi 30 hari” Kata Menag.

“Malam ini adalah tanggal 30 Syakban dengan demikian maka satu Ramadhan jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Mei 2018,” ujar Menteri Agama Lukman Saifuddin. (han)




Loading Facebook Comments ...