Search

Pemkab Situbondo Membuka  Dapur Umum Covid 19, Bupati Dadang Distribusikan 1.000 Nasi Bungkus  

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak covid 19. (foto:fat)

 

Situbondo,reportasenews.com – Pemkab Situbondo bersama TNI dan Polri, Rabu (22/4/2020)   membuka  dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga terdampak  pandemi virus corona atau covid 19 di Kabupaten Situbondo, dapur umum tersebut didirikan di halaman depan kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Situbondo.

 

Bahkan, pada hari pertama dibuka, Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto,  Kapolres Situbondo AKBP Sugandi dan Dandim 0823 Letkol Inf Ahmad JuniToa, mereka membagikan sebanyak 1.000 nasi bungkus kepada warga  dan abang di Kota  Situbondo.
Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto mengatakan, dapur umum ini merupakan media untuk mengetahui sejauh mana dampak ekonomi akibat wabah corona, terhadap masyarakat miskin ataupun yang rentan miskin.

“Kita mendirikan dapur umum untuk menjajaki sejauh mana kondisi warga yang terdampak langsung akibat pandemi  virus  corona ini,”kata  Bupati Dadang Wigiarto , Rabu (22/4/2020).

Bupati mengemukakan, nasi bungkus sebanyak seribu bungkus yang diproses di dapur umum itu, akan dibagikan melalui rumah ke rumah. Termasuk juga kepada warga yang beraktivitas di seputaran kota, seperti tukang becak, tukang parkir dan pedagang di pasar.

“Ini sekaligus bentuk sosialisasi kita bahwa kita sudah mendirikan dapur umum,” ujarnya.

menurutnya, jika hasil penjajakan membuktikan bahwa bantuan nasi bungkus sangat bermanfaat terhadap warga miskin yang terdampak, maka dapur umum akan dioperasikan setiap hari. Namun jika tidak begitu dibutuhkan, maka pemberian nasi bungkus akan dilakukan seminggu tiga kali.”Tentatif ya, tergantung sejauh mana masyarakat membutuhkan bantuan nasi bungkus,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Dapur Umum, Zaenal Abidin mengaku, untuk hari ini pihaknya memasak sebanyak 1 kwintal beras, dengan estimasi, bisa menjadi 1.000 nasi bungkus.”Setiap kali masak 50 kilogram, jadi kita memasak dua kali untuk 1 kwintal beras,” bebernya.

Zaenal menambahkan, setiap nasi bungkus dilengkapi dengan lauk pauk yang memenuhi standar gizi yang dibutuhkan tubuh. Ada tempe, tahu, telur, dan mie goreng.(fat)




Loading Facebook Comments ...