Search

Pemkab Situbondo, Siapkan Tempat Karantina Para Pemudik

Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi
Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi

 

Situbondo,reportasenews.com – Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid 19 di Kabupaten Situbondo, Pemkab Situbondo menghimbau warga Situbondo yang bekerja di luar daerah, agar tidak mudik atau pulang kampung di tengah pandemi covid 19.

Namun, jika warga Situbondo yang bekerja diluar daerah memaksa untuk mudik di tengah pandemi covid 19, Pemkab Situbondo akan menyiapkan tempat karantina untuk para pemudik tersebut, sesuai protokol kesehatan mereka akan di karantina selama 14 hari.

“Bagi warga Situbondo yang mudik, kami telah menyiapkan tempat karantina, yakni di Hotel Sidomuncul 2 Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai covid 19 di Situbondo,” kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi, Senin (6/4/2020).

Menurutnya, sebelum para pemudik menjalani karantina selama 14 hari, sebelumnya mereka akan diperiksa suhu tubuhnya, dengan menggunakan thermal gun oleh petugas kesehatan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan COVID-19.

Jika diketahui suhu tubuh pemudik itu lebih dari 37 derajat celcius, akan dibawa oleh Satgas covid-19 ke tempat karantina yang telah disiapkan. Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari.

“Selain itu, untuk memutus rantai covid 19, kami juga mendirikan posko di perbatasan-perbatasan (Situbondo-Probolinggo, Situbondo-Banyuwangi dan Situbondo-Bondowoso),  untuk memantau keluar masuknya warga,” ujar Yoyok Mulyadi.

Sementara itu,  Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, bahwa pemerintah daerah setempat mengimbau kepada warga Situbondo yang ada di luar daerah agar tidak mudik, karena akan menjadi target karantina ketika tiba di Situbondo.

“Karena kita ketahui bahwa virus corona di lokal sudah ada. Sedangkan warga Situbondo yang akan ke luar kota juga akan dideteksi oleh Satgas COVID-19,” katanya.

Menurutnya,  pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas umum di tingkat kecamatan dan desa untuk menjadi tempat karantina bagi warga Situbondo di luar kota yang memaksa mudik.

“Kami telah meminta ke pemerintahan desa mempersiapkan fasilitas umum yang bisa dijadikan tempat karantina, karena jika tempat karantina di kabupaten tidak memungkinkan, bisa dikarantina di desa masing-masing,”pungkasnya.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...