Search

Pendakian Gunung Kerinci Menyambut Hari Pahlawan

Para pendaki di puncak Gunung Kerinci.
Para pendaki di puncak Gunung Kerinci.

Jambi, Reportasenews.com – Dalam rangka  menyambut Hari Pahlawan 10 Nopember, gabungan pendaki gunung dari Mapala Attahiriyah dan mapala IAIN Kerinci serta jurnalis Reportasenews melakukan pendakian Gunung Kerinci (3805mdpl), di Provinsi Jambi (11/11).

Pendakian dimulai dari Tugu Macan, desa Kersik Tuo,  menuju pos  R10 sebagai pos pendaftaran, selanjutnya menuju pintu rimba dengan kondisi jalan tidak begitu menanjak. Perjalanan melalu beberapa pos dengan jalur hutan yang merupakan habitat harimau Sumatera.

Cuaca mulai ekstrim saat perjalanan dari pos 3 menuju shelter 1.  Angin kencang disertai hawa dingin menusuk tulang ditambah  jalur pendakian yang makin menanjak menjadi tantangan para pendaki.

Karena cuaca kurang bersahabat, tim akhirnya memutuskan membuka kemah di shelter 2 untuk istirahat. Terlalu beresiko apabila memaksakan menuju ke shelter 3 yang lokasinya terlalu terbuka dan suhu mencapai 2 derajat celcius.

Menurut Fauzan salah satu anggota Mapala IAIN Kerinci merangkap sebagai porter,

“kita harus buka tenda dishelter 2 karena diatas mulai  badai” ujarnya.

Setelah bermalam dishelter 2,pagi harinya  tim melanjutkan pendakian menuju  puncak gunung Kerinci. Dibutuhkan waktu 3 jam dan melewati jalan terjal  yang merupakan saluran air cukup menguras tenaga para pendaki. Belumlagi  badai dan asap belerang  mulai turun hingga menusuk hidung.  Jika fisik kurang sehat maka akan terserang pusing dan mual yang bisa mengakibatkan hipotermia.

Setelah melalui perjuangan yang cukup melelahkan, Alhamdulillah tim bisa mencapai puncak tertinggi di daratan Sumateran dan puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah Carstenzs  Papua.

Gunung Kerinci adalah gunuh aktif yang berada di wilayah Kabupaten Kerinci, dimana penduduknya mayoritas dari suku jawa yang didatangkan sejak penjajahan belanda untuk dipekerjakan sebagai petani teh, hingga sekarang secara turun temurun menempati kaki gunung kerinci.(buy)




Loading Facebook Comments ...