Search

Setelah Penembakan Markas Youtube, Tersebar Hoax Seputar Tragedi Itu

Amerika, reportasenews.com – Berita palsu di penembakan YouTube menyebar dengan beraneka bumbu omong kosong seputar insiden berdarah ini. Muncul klaim dan teori konspirasi di Twitter, Reddit, Facebook dan seterusnya.

Bahkan sebelum polisi mengamankan markas YouTube setelah penembakan di sana, media sosial dibanjiri dengan beberapa hoax mendompleng insiden ini.

Setiap jejaring sosial utama memiliki tantangan tersendiri dengan disinformasi. Mereka telah melakukan serangkaian perubahan algoritmis dan struktural untuk memerangi penyebarannya. Ketika penembakan itu berkecamuk, Facebook mengatakan telah menghapus lebih dari 270 halaman yang terkait dengan hoax dari kubu pro Rusia yang dahulu disebutkan mempengaruhi hasil Pemilu AS.

Polisi mengatakan tiga korban dalam penembakan di San Bruno, California, telah diangkut untuk perawatan darurat, dan nasib penembak wanita yang diduga ditemukan tewas dari apa yang mereka yakini sebagai luka tembakan yang ditimbulkan sendiri. Kantor pusat Youtube telah dievakuasi dan petugas penegak hukum terus menyelidiki.

Netizen tidak akan pernah tahu bahwa di Twitter, di mana berbagai akun mengklaim tahu lebih banyak tentang insiden dan pelakunya daripada penegakan hukum.

Seseorang me-reboot hoax bahwa pelakunya adalah Sam Hyde yang memabi buta melepaskan tembakan. Posting hoax itu termasuk foto Hyde membawa senjata serbu. Hoax ini lantas disebarkan oleh netizen lain yang percaya itu termasuk dalam insiden berdarah di Youtube. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...