Search

Pengisian Nirkabel Justru Membuat Battere iPhone “Leaking”

battere iphone

Amerika, reportasenews.com – Salah satu fitur baru (untuk iPhone) yang disajikan oleh iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X adalah kemampuan pengisian baterai nirkabel, alias pengisian tanpa kabel. Meski praktis karena dapat mengisi daya perangkat tanpa baterai harus terhubung ke kabel, pengisian nirkabel dapat membawa efek buruk pada baterai iPhone.

Siklus isi ulang adalah siklus pengisian daya baterai dari 0 hingga 100 persen dan kumulatif yang valid. Misalnya, pengguna menggunakan 75 persen baterai ponsel hingga 25 persen tersisa, lalu mengisi hingga 100 persen semalam. Jika keesokan harinya baterai digunakan 25 persen, maka akan dihitung sebagai satu siklus pengisian.

Baterai iPhone dirancang untuk mampu menghemat 80 persen dari kapasitas awalnya dalam 500 kali siklus recharge, biasanya dicapai dalam 2 hingga 3 tahun.

Namun, menurut pakat dari CoconutBattery, Adrian, mengetahui bahwa iPhone 8 Plus-nya telah mengalami 135 siklus pengisian ulang dalam waktu kurang dari 6 bulan.

Siklus pengisian baterai semakin hari semakin sering, sehingga menunjukkan baterai “bocor” alias kapasitas berkurang, meski masih relatif baru. Adrian mengatakan penyebab yang mungkin adalah baterai yang bekerja lebih keras ketika diisiulang secara nirkabel, bukan memakai kabel.

“Ketika diisi dengan kabel, telepon menyala dengan daya dari kabel (hanya ada beban minimal pada baterai,” tulis Adrian dalam sebuah artikel di ZDNet. “Namun , saat menggunakan charger nirkabel, daya baterai masih digunakan untuk menghidupkan ponsel, sehingga baterai tidak bisa ‘beristirahat’,” lanjutnya.

Secara bertahap, menurut Adrian. Performa baterai iPhone menurun lebih cepat dengan pengisian wireless. Dia tidak menjelaskan, apa merek dan jenis charger nirkabel yang digunakan. Di pasar diketahui ada beberapa charger nirkabel yang kompatibel, dan dapat digunakan dengan iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Adrian juga memutuskan untuk kembali ke metode pengisian konvensional, yaitu dengan kabel. Dia menyarankan pengguna lain untuk melakukan hal yang sama, kecuali jika sudah berencana mengganti baterai kurang dari dua tahun. (Hsg)




Loading Facebook Comments ...