Search

Penyidik  Limpahkan  Berkas  Kasus Perdagangan Anak Dibawah Umur  ke Kejaksaan  

Belasan gadis asal Kabupaten Bandung, saat diamankan di Mapolres Situbondo beberapa waktu lalu. (foto:fat)
Belasan gadis asal Kabupaten Bandung, saat diamankan di Mapolres Situbondo beberapa waktu lalu. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Penyidik Perempuan dan Anak (PPA)  Satreskrim Polres Situbondo, telah melimpahkan berkas kasus trafficking atau perdagangan anak dibawa umur ke  Jaksa Penuntut Umum (JPU) Polres Situbondo, dengan tersangka pasangan suami istri (Pasutri) asal Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo.

Kasubag Humas Polres Situbondo Iptu Nanang Priyambodo mengatakan, jika  berkas kasus dugaan perdagangan anak  dibawa umur asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang dipekerjakan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) di eks lokalisasi Gunung Sampan (GS) Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo, berkasnya sudah rampung.

“Bahkan, sebagai tindak lanjut kasus dugaan trafficking tersebut, penyidik sudah melimpahkan berkas  dua tersangka,  dalam kasus dugaan trafficking tersebut kepada JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo,”ujar Kasubag Humas Polres  Situbondo Iptu Nanang Priyambodo, Kamis (26/9/20190.

Menurutnya, jika dalam pelimpahan berkas  tahap pertama dinyatakan  sempurna oleh JPU, sehingga penyidik PPA Polres Situbondo  akan melakukan pelimpahan tahap kedua ke JPU Kejaksaan Negeri Situbondo.”Namun,   dalam pelimpahan tahapan kedua tersebut,   penyidik  akan menyertakan untuk menyerahkan  kedua tersangka dalam kasus dugaan perdagangan anak dibawa umur tersebut, yakni dengan tersangka Slamet dan Subaida,”bebernya.

Iptu Nanang Priyambodo menegaskan, diakui, kedua tersangka dalam dugaan  kasus perdagangan anak dibawa umur itu tidak ditahan, karena kedua tersangka tersebut mempunyai penyakit yang menular.”Sehingga dengan pertimbangan tersebut, selama proses penyidikan berlangsung,  penyidik PPA tidak melakukan penahanan terhadap kedua tersangka yang diketahui pasutri  tersebut,”pungkasnya.

 Seperti diberitakan sebelumnya, Petugas Resmob Polres Situbondo, berhasil mengamankan sebanyak 12 pekerja seks komersial (PSK) asal Bandung, Jawa Barat. Mereka ditangkap di eks lokalisasi Gunung Sampan (GS), Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (28/7/2019).

Ironisnya, dari sejumlah PSK yang terjaring razia tersebut, lima orang PSK diantaranya diketahui masih berusia dibawa umur, yakni berusia antara 14 hingga 17 tahun.(fat)




Loading Facebook Comments ...