Search

Percantik Kota, Tanggul Sungai Akan Dirias di Situbondo

Cat warna warni menghiasi tanggul disepanjang aliran sungai di Situbondo. (foto fat)
Cat warna warni menghiasi tanggul disepanjang aliran sungai di Situbondo. (foto fat)

Situbondo,reportasenews.com – Upaya untuk mempercantik kawasan Kota Situbondo terus dilakukan. Kali ini, Pemkab telah merencanakan berbagai terobosan untuk mengembangkan  destinasi wisata baru  di sepanjang aliran sungai, dengan cara akan merias kawasan sungai. Salah satunya, memoles tanggul sepanjang tepian sungai dengan corak warna-warni.

Kabag Humas Pemkab Situbondo, H Imam Hidayat mengatakan, pengecatan tangkis (tanggul-red) sungai nanti akan kita lombakan. “Ini dilakukan, dengan tujuan  untuk merangsang warga agar ikut berkiprah dan lebih mencintai sungai. Upaya ini bagian dari program Kali Bersih yang nantinya akan dijadikan sebagai identitas Kabupaten Situbondo,”kata Imam Hidayat, Rabu (12/7).

Menurutntya, even pengecatan tanggul aliran sungai akan dikemas dalam rangkaian HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Situbondo  pada Agustus 2017 mendatang. Melalui pengecatan tanggul, aliran sungai di Situbondo nantinya akan terlihat semakin cantik. Dengan begitu, diharapkan dapat merangsang kepedulian masyarakat untuk lebih aktif menjaga kebersihan sungai yang ada dilingkungannya.

“Jadi bukan hanya sesaat saja. Pasca pengecatan nanti, banyaknya aliran sungai juga bisa dikembangkan. Salah satunya dengan wisata sungai, bisa wisata kuliner, taman bermain, dan lainnya,” papar Imam.

Imam menambahkan, kegiatan mempercantik tanggul di sepanjang aliran sungai ini  diharapkan,  ke depan banyaknya aliran sungai di Kota Situbondo dapat menjadi kebanggaan tersendiri sebagai identitas kabupaten. Sekaligus, kebersihan sungai akan selalu terjaga untuk antisipasi terjadinya banjir akibat sampah.

“Selain  tanggul di sepanjang aliran sungai, kita juga akan melakukan pengecatan bangunan di sepanjang tepi jalan di Situbondo. Agar berbeda, pengecatannya nanti kita arahkan dengan motif batik,”pungkasnya.(fat)




Loading Facebook Comments ...