Search

Peringati Hardiknas, SMK 1 Panji Gelar Festival Ronjengan 

festival memukul ronjengan atau memukul tempat menumbuk padi. (foto:fat)
festival memukul ronjengan atau memukul tempat menumbuk padi. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Untuk melestarikan tradisi dan budaya khas Kabupaten Situbondo, SMK Negeri 1 Panji, Kabupaten Situbondo, menggelar festival memukul ronjengan atau memukul tempat menumbuk padi, Kamis (2/5/2019).
Kegiatan festival memukul ronjengan   dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 itu, dilaksanakan di halaman belakang SMK 1 Negeri  Panji, Kabupaten Situbondo, dengan jumlah peserta  sebanyak 15 peserta.
Pantauan Faktualnews.co dilapangan, selain diikuti peserta dari kalangan pelajar, namun kegiatan festival memukul ronjengan atau memukul penumbuk padi juga diikuti peserta dari kelompok ibu-ibu di Kota Situbondo.
Praktis, kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya khas Kabupaten Situbondo itu, mendapat perhatian ribuan siswa SMK 1 Negeri Panji, Kabupaten Situbondo. Bahkan, sebagian para siswa terlihat berdesak-desakan, untuk melihat secara langsung festival yang dianggap unik tersebut.
“Saya baru pertama kali melihat festival ronjengan. Selain unik dan menarik. Oleh karena itu, saya berharap  festival ini juga harus rutin dilaksanakan, karena saya yakin festival ini akan menjadi daya tarik para wisatawan,”kata Cantika, salah seorang siswa kelas X SMK 1 Negeri Panji, Situbondo, Kamis (2/5/2019).
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Panji, Situbondo Suprihartono mengatakan, dalam memperingati Hardiknas tahun 2019, pihaknya sengaja menggelar festival ronjengan atau memukul tempat menumbuk padi.”Selain untuk melestarikan tradisi dan budaya, namun pihaknya juga bertujuan untuk mengenalkan budaya dan tradisi khas Situbondo kepada para siswa. Dengan harapan, budaya dan tradisi memukul ronjengan tidak punah di Situbondo,”ujar Suprihartono.
Menurutnya, dalam  memukul alatt musik ronjengan ini, membutuhkan kekompakan antar anggota kelompok, sehingga dengan kekompakan anggota kelompok itu akan menghasilkan alunan musik yang enak untuk didengar dinikmati.
“Karena pelaksanaan festival ronjengan ini, mendapat sambutan baik para siswa dan kelompok ibu-ibu di Kota Situbondo, sehingga akan rutin menggelar festival ronjengan setiap tahun,”pungkasnya.(fat)



Loading Facebook Comments ...