Search

Peringati Hari Buruh, Puluhan Anggota Sarbumusi Lakukan Jalan Mundur 

Anggota Sarikat Buruh Muslim (Sarbumusi) NU Situbondo, Rabu (1/5/2019)  melakukan aksi turun ke jalan. (foto:fat)
Anggota Sarikat Buruh Muslim (Sarbumusi) NU Situbondo, Rabu (1/5/2019) melakukan aksi turun ke jalan. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Memperingati hari buruh atau Mayday Tahun 2019, puluhan massa yang mengatasnakan anggota Sarikat Buruh Muslim (Sarbumusi) NU Situbondo, Rabu (1/5/2019)  melakukan aksi turun ke jalan.
Dalam melakukan aksi ke turun jalan, puluhan anggota Sarbumusi NU Situbondo, melakukan jalan mundur dari Kantor PCNU Situbondo menuju simpang empat Alun-alun Kota Situbondo dan ke pendopo Kabupaten Situbondo.
Pantauan Reportasenews.com  dilapangan, begitu tiba di simpang empat Alun-alun Kota Situbondo, puluhan anggota Sarbumusi NU Situbondo, mereka membentangkan puluhan poster, yang meminta para pengusaha  di Situbondo, untuk  membayar upah karyawannya sesuai dengan UMK.
Selain itu, puluhan massa juga meminta kepada  para pengusaha di Situbondo, agar memberi jaminan keselamatan kepada karyawannya, sembari melakukan orasi yang menghujat kebijakan  Pemkab Situbondo, yang terkesan tidak berpihak kepada para buruh di Kabupaten Situbondo.
Usai melakukan aksi turun ke jalan, Sekretaris Sarbumusi NU Situbondo Lutfi Zainullah mengatakan, pihaknya sengaja melakukan aksi jalan mundur dalam memperingati hari buruh atau Mayday Tahun 2019, karena para pengusaha di Kabupaten Situbondo tidak mematuhi undang-undang, yakni tidak membayar upah karyawannya sesuai dengan UMK.
“Kami sengaja melakukan aksi  jalan mundur, sebagai simbol para pengusaha di Kabupaten Situbondo tidak membayar upah pekerjanya sesuai dengan UMK,”ujar Lutfi Zainullah, Rabu (1/5/2019),
Menurutnya, aksi turun jalan pada peringatan hari buruh atau Mayday Tahun 2019. Ini  dilakukan  sebagai bentuk kepedulian
 Sarbumusi NU Situbondo terhadap nasib buruh, yang mengetahui para pekerja di Situbondo mendapat upah tidak sesuai dengan  UMK.”Upah para pekerja di Situbondo bervariasi, yakni antara 1 juta hingga 1,2 juta. Padahal UMK di Situbondo sekitar Rp.1,75 juta,”beber Lutfi Zainul.
Pria yang akrab dipanggil Lutfi menegaskan, karena upah para pekerja di Kabupaten Situbondo jauh dibawa UMK. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada para pengusaha dan penentu kebijakan di Kabupaten Situbondo untuk memperjuangkan nasib para buruh di Situbondo.(fat)



Loading Facebook Comments ...