Search

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Karang Taruna Desa Kebangsaan Kibarkan Bendera Raksasa

Puluhan pemuda karang taruna kebangsaan dan sejumlah elemen masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, mengibarkan bendera berukuran raksasa diatas lau (foto:fat)
Puluhan pemuda karang taruna kebangsaan dan sejumlah elemen masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, mengibarkan bendera berukuran raksasa diatas lau (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Puluhan pemuda karang taruna kebangsaan dan sejumlah elemen masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, mengibarkan bendera berukuran raksasa. Itu dilakukan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda Tahun 2017,
Menariknya, pengibaran bendera merah putih 10 x 28 meter itu dikibarkan di sebuah gugusan batu karang mati di laut Takat  Tanjung Wedi, Desa Kebangsaan Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.
Selain mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa, puluhan pemuda karang taruna dan semua elemen masyarakat Desa Kebangsaan Wonorejo, juga  ikrar mengucapkan janji sumpah pemuda serta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
“Upacara unik dan penuh tantangan ini sengaja lakukan, untuk membangkitkan semangat para pemuda, khususnya pemuda di  Desa Kebangsaan Wonorejo agar selalu giat melakukan gerakan positif,” ujar Slamet Hariyadi,  Ketua Karang Taruna Desa Kebangsaan Wonorejo, Minggu (28/10)
Menurutnya, upacara pembentangan bendera merah putih di gugusan karang Takat Tanjung Wedi tersebut dilaksanakan, selain mengenalkan distinasi wisata terumbu karang yang indah di laut Takat Tanjung Wedi, Desa Kebangsaan Wonorejo juga mengajak generasi muda untuk mencintai lingkungan yang ada disekitarnya.
“Harapan saya batu karang seluas 3 hektar yang ada di Takat Tanjung Wedi dapat dijadikan destinasi wisata laut. Sebab, selain tempatnya indah untuk menyelam, karena terumbu karang yang ada dipinggir-pinggir gugusan karang selauas 3 hektar itu sangat indah dan cukup menawan,”bebernya.
Slamet  Haryadi menegaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal para pemuda Desa Wonorejo untuk membangkitkan semangat cinta lingkungan laut agar para pemuda giat menjaga terumbu karang dari kerusakan yang dilakukan tangan tangan jahil. “Semoga dengan adanya upacara pembentangan bendera merah putih di laut Takat Tanjung Wedi tersebut, masyarakat semakin cinta lingkungan laut dan menjadikan gugusan batu karang sebagai distinasi wisata baru di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Desa Kebangsaan Wonorejo, Sumarto Adi mengatakan, upacara unik dan penuh tantangan yang dilakukan berbagai komunitas di Desa Kebangsaan Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo merupakan kegiatan yang patut mendapat acungan jempol. Pasalnya, pemuda pada jaman sekarang ini sudah jarang peduli dengan lingkungan yang ada disekitarnya.
“Untuk mengenang sejarah  sumpah pemuda dan meneladaninya, maka sudah sepantasnya pemuda jaman sekarang bergerak dalam melakukan hal-hal yang positif,” ujarnya.
Diperoleh keteranga, sebanyak 70 orang yang mengibarkan bendera raksasa tersebut, mereka berasal dari komunitas Karang Taruna, Babinsa, Pemerintahan Desa, Pramuka, Kelompok Nelayan, Kelompok Ojek, Generasi Mardika, siswa-siswi SMKN 1 Banyuputih, SMK Miftahul Ulum dan Lembaga Sport Peduli Lingkungan menggelar upacara bendera di laut Takat Tanjung Wedi, Desa Kebangsaan Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.(fat)



Loading Facebook Comments ...