Search

Peringati HPSN, Bupati Dadang Wigiarto dan Warga Pungut Sampah di Pantai

Bupati Dadang Wigiarto, anggota Forkopimda Situbondo, melakukan kegiatan memungut  sampah di Pantai Wisata Grand Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo. (Foto: fat)
Bupati Dadang Wigiarto, anggota Forkopimda Situbondo, melakukan kegiatan memungut sampah di Pantai Wisata Grand Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo. (Foto: fat)

Situbondo,reportasenews.com – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018, Bupati Dadang Wigiarto, anggota Forkopimda Situbondo, melakukan kegiatan memungut  sampah di Pantai Wisata Grand Pathek, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Rabu (28/2).

Selain itu, sejumlah LSM dan komunitas pencinta lingkungan di Kota Situbondo, para siswa, pramuka dan pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo, mereka juga memungut sampah dalam memperingati HSPN tahun 2018.

Pantauan Reportasenews.com dilapangan, kegiatan HPSN Tahun 2018 di Situbondo itu, ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Dadang Wigiarto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov Jatim dan anggota Forkopimda Situbondo.

Usai melepas balon ke udara, Bupati Dadang Wigiarto dan ketua TP PKK Kabupaten Situbondo Umi Kulsum Wigiarto dan Kepala DLH Pemprov Jatim, mereka meminpin langsung kegiatan pungut sampah di Pantai Wisata Grand Pathek, Situbondo.

Bupati Dadang Wigiarto berharap, kegiatan bersih-berih  sampah tidak hanya dilakukan di pantai Grand Pathek saja. Namun, juga di sepanjang pantai yang ada di Kabupaten Situbondo. Melalui momen HPSN ini, pihaknya  berharap para Kades di Situbondo, agar  aktif mengajak warganya mencintai kebersihan lingkungan,

“Karena masalah sampah disadari bukan masalah sederhana, karena masyarakat beranggapan sampah adalah sesuatu yang tidak berharga. Padahal jika dikelola dan diolah dengan kreatif, sampah akan berubah menjadi hal yang bernilai jual,”kata Bupati Dadang Wigiarto, Rabu (28/2).

Sementara itu, Kepala  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Situbondo Khalil mengatakan, kegiatan HPSN Tahun 2018, DLH. Situbondo  melakukan kerjasama dengan DLH Pemprov Jatim. “Kegiatan HPSN ini sengaja dilakukan di tempat wisata, dengan harapan untuk memberi motivasi kepada masyarakat sekitar pantai wisata, agar mereka  peduli terhadap lingkungan. Utamanya, dalam menyambut tahun kunjungan wisata tahun 2019 mendatang,”kata Khalil.

Menurutnya, dalam kegiatan pungut sampah dalam rangka memperingati HPSN Tahun 2018, tercatat seberat satu ton sampah yang berhasil dikumpulkan di sepanjang pantai Grand Pathek, Situbondo,  yang terdiri sampah organik, non organik dan sampah campuran.(fat)

 




Loading Facebook Comments ...